Tips Cara Memoles Cat Body Mobil Sendiri

Advertisement
Cara memoles cat mobil sendiri - tidak selamanya kegiatan detailing mobil yang berupa pemolesan agar cat mobil terlihat kinclong bagaikan cermin hanya bisa dilakukan pleh mereka para profesional yang ada di salon khusus detailing mobil, kita pun sebagai seorang awam bisa melakukan pemolesan cat body mobil sendiri dirumah loh, tentunya dengan memperhatikan step atau langkah demi langkah yang benar dalam melakukan pemolesan agar hasilnya tidak kalah dengan salon detailing mobil.

Lalu apa sajakah yang perlu dipersiapkan seumpama kita ingin memoles mobil kesayangan sendiri dirumah, agar selain lebih menambah pengalaman mengenai detailing mobil, juga lebih menghemat pengeluaran jika dibandingkan kita memoles body mobil ke salon mobil, sebab segala sesuatu yang berhubungan dengan mobil harganya lumayan mahal :), contoh kecil saja jika mencuci motor hanya dihargai 6 ribu, sedangkan untuk mobil saja bisa sampai 25 ribu :).


Tahapan melakukan poles cat mobil sendiri dirumah


1. Pastikan anda mencuci mobil sampai bersih

Sebelum melakukan tindakan pemolesan mobil, tahap awal yang perlu kalian lakukan adalah mencuci mobil sampai bersih dan jangan lupa untuk mengelapnya sampai bersih dan kering menggunakan kanebo. Mencuci mobil sebelum dipoles ini berguna untuk melembabkan cat body mobil dan juga meminimalisir adanya kotoran seperti debu dan pasir yang nantinya merusak permukaan cat ketika proses pemolesan berlangsung.

Pastikan anda selalu mencuci mobil memakai sabun khusus cuci mobil ya, sebab formula sabun khusus cuci mobil ini sangat ringan sehingga tidak memudarkan warna cat. Oh iya saat melakukan pencucian ini usahakan cat mobil dalam keadaan dingin, artinya jangan setelah mobil diparkirkan dibawah terik matahari kemudian langsung dicuci.

Baca juga : Cara buat sampo cuci mobil sendiri

2. Memarkirkan mobil di lokasi teduh

Pengerjaan poles cat atau body mobil ini sangat disarankan dilakukan di lokasi yang teduh dan terhindar dari sinar matahari langsung, anda bisa memanfaatkan garasi rumah atau halaman rumah yang terdapat kanopi. Atau jika tidak memiliki garasi luar, anda bisa melakukannya di garasi dalam dan pastikan penerangan ruangan garasi cukup. Dan bila terpaksa melakukannya di halaman luar rumah, pilih waktu yang tepat yakni di pagi ataupun sore hari dimana matahari tidak terlalu terik dan tidak sedang terjadi angin kencang karena dikawatirkan debu dan material yang terbawa angin akan ikut menempel ke body mobil.

3. Mempersiapkan peralatan poles

Karena kita akan melakukan kegiatan poles memoles body mobil, tentu anda membutuhkan seperangkat peralatan poles yang diantaranya adalah kain halus secukupnya, spon halus secukupnya, kompon dan bila perlu belilah alat poles. Persiapkan pula obat poles, disarankan untuk memakai obat poles yang berkualitas bagus. Untuk informasi obat poles mobil yang bagus silahkan anda cari melalui internet. Selama pengalaman penulis, merk meguiar's dan turtle wax metalic car wax lebih mudah didapatkan di toko ACE hardware di seluruh indonesia dan pengaplikasian atau step by step nya gampang dilakukan.

4. Tahap pemolesan mobil

Aturan memoles body mobil dimulai dari bagian yang paling bawah dan secara bertahap naik ke bagian atas, serta dimulai dari bagian depan kendaraan, kemudian ke bagian samping dan dilanjutkan ke bagian belakang body mobil. Poleslah permukaan cat secara merata dengan menggunakan kompon  halus dan gosok secara memutar menggunakan kain halus atau spons halus, jika anda memiliki alat poles malah jauh lebih bagus lagi, cukup oleskan kompon ke permukaan cat dan anda tinggal memolesnya menggunakan alat pemoles.

Untuk hasil yang lebih bagus lakukan pemolesan ini per panel agar anda tidak kelewatan satu bagian pun, mulai memoles bagian grill depan, bagian kap mobil, dilanjutkan ke bagian panel fender terus menuju pintu depan. Kemudian lanjutkan lagi memutar sampai seluruh body mobil terpoles seluruhnya dan yang terakhir adalah memoles bagian atap mobil. Selesai memoles pastikan anda mengelap permukaan body memakai kain halus untuk menghilangkan sisa kompon.

Untuk bagian bagian yang sulit dijangkau anda bisa membersihkan bagian tersebut menggunakan kuas. Tahapan ini gunanya untuk memperhalus permukaan cat mobil saja, jika permukaan cat mobil sudah halus anda bisa melewati tahap ini dan langsung bisa mengaplikasikan obat poles mobil. Setelah permukaan body mobil dipoles sampai halus dan dibersihkan kembali secara menyeluruh, tahapan selanjutnya adalah dengan mengaplikasikan obat poles yang bisa membuat cat mobil anda terlihat kinclong bak kermin.

Silahkan anda teteskan obat poles ke permukaan spons halus bersih atau kain haus bersih terlebih dahulu, baru kemudian bisa kita balurkan obat poles tadi ke seluruh permukaan body mobil, lagi lagi lakukan per panel agar hasilnya lebih maksimal. Jangan meneteskan obat poles langsung ke permukaan cat atau bahkan ke tangan anda, sebab obat poles ini adalah bahan kimia yang tidak boleh sampai terkena permukaan kulit, itulah sebabnya kenapa anda juga disarankan memakai sarung tangan karet saat mengaplikasikan obat poles ini.

Setelah obat poles dilapiskan ke seluruh permukaan cat mobil, saatnya anda menunggu beberapa menit antara 5 menit sampai 10 menit untuk waktu tunggu yang lebih bagus. Setelah waktu tunggu selesai gunakanlah kain halus untuk mengelap permukaan cat mobil guna mengangkat sisa sisa obat poles yang melekat. Dan tahap terakhir adalah mengelap kembali permukaan cat mobil memakai kain micro fiber yang bisa kalian beli di toko aksesoris mobil atau di hipermarket untuk finishing.

Sampai disini tahap pemolesan body mobil anda selesai dan mobil pun akan tampil cemerlang seperti mobil yang ada di showroom mobil.

Tips penting detailing mobil


  • Agar cat mobil anda senantiasa terjaga maka lakukan perawatan cat ini sejak mobil keluar dari dealer ( baru beli ).
  • Usahakan anda jangan langsung mencuci mobil ketika permukaan cat masih panas, baru terpapar sinar matahari karena akan berakibat buruk seperti munculnya retak pada cat dan lain sejenisnya.
  • Selalu pergunakan sampo khusus cuci mobil yang memiliki formula khusus untuk merawat cat mobil agar tidak mudah kusam.
  • Usahakan jangan terlalu sering berkendara dibelakang kendaraan besar bermesin diesel seperti truk ataupun bus, dimana kedua jenis kendaraan ini memiliki gas buang yang mungkin masih mengandung partikel solar yang jika menempel ke permukaan cat dan mengering akan susah dibersihkan.
  • Lakukan pemolesan cat mobil ini secara berkala agar cat kendaraan anda senantiasa terjaga, lakukan setidaknya antara 3 bulan atau 4 bulan sekali untuk memoles body mobil.


Nah sampai disini tutorial memoles cat mobil sendiri dirumah, jika kalian ragu alangkah baiknya serahkan langsung kepada ahlinya. Semoga bermanfaat. Untuk artikel seputar detailing mobil lainnya anda bisa membacanya melalui dartar dibawah ini :



Subscribe to receive free email updates: