Bolehkah Mencuci Kendaraan Dengan Sabun Cuci Piring ?

Advertisement
Cuci motor pakai sabun cuci piring mungkin terdengar menggelikan pasalnya dipasaran telah banyak dijual sabun khusus cuci motor yang haganya sangatlah terjangkau Bahkan beberapa merk mengandung WAX yang berfungsi sebagai pengkilap body kendaraan.

Kadang kala ada orang yang tidak mau repot repot membeli sabun khusus cuci mobil atau motor dengan alasan harganya mahal, tempat membelinya jauh dari rumah dan lain sebagainya sehingga orang lebih memilih alternatif mencuci kendaraan dengan menggunakan sabun cuci piring bahkan sabun colek ataupun detergen.

carwash
original picture from theconversation.com

Kemudian timbul lah pertanyaan apakah boleh mencuci kendaraan dengan menggunakan sabun cuci piring ataupun deterjen ?


Ternyata mencuci kendaraan dengan meggunakan sabun pencuci piring seperti mama lemon atau sunlight ternyata diperbolehkan sebab sabun pencuci piring tesebut terbukti ampuh dalam membersihkan, merontokkan noda lemak, noda minyak, bahkan oli pada body kendaraan. Serta penggunaan sabun cuci piring ini tidak merusak warna exterior kendaraan kita.
Selain itu sabun pencuci piring ini juga lebih mudah didapat di warung warung terdekat dirumah anda dan harganya pun sangat ekonomis.

Berbeda dengan sabun colek atau detergen, bahan ini sangat tidak dianjurkan untuk digunakan mencuci kendaraan, sebab detergen atau sabun colek ini memiliki sifat yang panas dan jika dipaksakan memakai detergen dalam mencuci kendaraan bisa dipastikan warna exterior kendaraan anda akan berubah menjadi kusam dan tidak berkilau lagi. Yang paling parah adalah memudarnya warna body kendaraan tadi atau orang awam biasa menyebutnya "MBULAK".

Jadi anda jangan heran nantinya jika terlalu sering menggunakan sabun detergen untuk mencuci kendaraan dan mendapati bercak becak putih akibat sabun detergen ini.

Untuk proses mencuci sendiri disarankan mencuci kendaraan pada bagian bawah terlebih dahulu ( khusus untuk motor ), sebab pada bagian ini banyak sekali terdapat noda lumpur dan oli. Dan untuk spons / kain cuci sebaiknya anda biasakan menggunakan 2 buah kain / spons cuci yang berbeda.

Baca juga menarik lainnya : Bagus menggunakan aki kering atau aki basah ? ini jawabnya

Nah sudah mengerti bukan jika tidak semua jenis sabun tersebut bagus digunakan untuk mencuci kendaraan. Niatnya ingin hemat salah salah malah akan membuat tampilan kendaraan menjadi tidak bagus. Semoga bermanfaat san silahkan dibagikan artikelnya. Oh iya dibawah ini mungkin juga bermanfaat untuk anda baca terait artikel diatas.



Subscribe to receive free email updates: