Cara Kerja Intercooler Pada Mesin Mobil

Advertisement
Cara kerja intercooler - setelah pada edisi sebelumnya kita telah membahas mengenai fungsi serta menfaat dari intercooler, pada kesempatan kali ini kita akan fokus untuk membahas bagaimana cara kerja intercooler pada mesin mobil, khususnya untuk mesin mobil diesel yang menggunakan turbo.

Intercoler adalah sebuah alat atau komponen yang memiliki bentuk mirip dengan radiator mobil, hanya saja memiliki fungsi yang berbeda, jika radiator ini fungsinya adalah untuk mendinginkan air, sedangkan untuk intercooler sendiri fungsinya adalah untuk mendinginkan udara yang dihasilkan oleh mesin turbo sebelum dimasukkan kedalam ruang bakar.

cara kerja turbo intercooler


Cara kerja intercooler pada mesin mobil

Sebenarnya cara kerja dari intercooler ini sangat sederhana sekali, yakni mendinginkan udara terkompresi yang dihasilkan oleh mesin turbo yang semula bersuhu panas ( tinggi ) kemudian dialirkan kedalam kisi kisi intercooler ini. Selanjutnya udara yang mengalir didalam kisi kisi ini akan didinginkan oleh hembusan angin yang melewati kisi kisi intercooler sehingga udara yang semula panas menjadi dingin

Nah dengan demikian partikel udara yang telah didinginkan ini menjadi lebih padat sehingga sewaktu udara ini dimasukkan kedalam ruang bakar, kompresi yang dihasilkan akan jauh lebih tinggi dibandingkan udara dari mesin turbo yang tidak didinginkan menggunakan intercooler.

Dengan tinggi nya kompresi mesin membuat tenaga yang dihasilkan menjadi jauh lebih besar lagi sehingga efisiensi bahan bakar menjadi meningkat, serta mesin mobil akan menghasilkan sedikit gas polutan karena kompresi yang tinggi ini membuat proses pembakaran menjadi lebih sempurna, artinya tidak ada sisa bahan bakar yang tidak terbakar karena kebutuhan oksigen didalam mesin untuk proses pembakaran tercukupi.

Untuk lebih jelasnya silahkan anda lihatgambar animasi dibawah ini :

cara kerja turbo intercooler


Posisi intercooler pada kendaraan

Untuk letak posisi intercooler ini pada sebuah mobil haruslah di lokasi yang mudah dilalui udara bebas dan umumnya berada di dua lokasi yang berbeda, pertama intercooler diletakkan dibalik bemper depan kendaraan berurutan dengan kisi kisi atau kondensor AC, kisi kisi radiator dan yang paling depan adalah kisi kisi dari intercooler. Lokasi kedua adalah terletak persis dibalik kap mobil atau diatas mesin mobil seperti yang ada pada mobil Toyota Fortuner ataupun Toyota Hilux Double cabin.

Dari kedua posisi ini lebih mudah yang berada dibagian atas mesin dalam hal membersihkannya. Perawatan dari intercooler ini terbilang sederhana sebab tidak ada hal khusus yang harus kalian lakukan kecuali membersihkan kisi kisi intercooler dari kotoran yang menempel seperti debu ataupun dedaunan atau sampah plastik yang mungkin melekat agar kinerja nya menjadi maksimal.

Nah bagaimana apakah anda sudah paham bagaimana cara kerja dari intercooler yang terdapat pada mesin turbo ? Semoga bermanfaat dan silahkan dibantu share artikel ini. Untuk artikel lain yang masih ada kaitannya dengan intercooler silahkan baca melalui daftar artikel dibawah ini :

Subscribe to receive free email updates: