Cara Detailing Mobil Untuk Belajar Pemula
Home » » Cara Detailing Mobil Untuk Belajar Pemula

Cara Detailing Mobil Untuk Belajar Pemula

Advertisement
Detailing mobil untuk pemula - dalam proses detailing mobil kita bukan saja membersihkan debu serta mencuci kendaraan saja melainkan harus benar benar memperhatikan detail demi detail yang ada pada kendaraan tersebut sehingga mobil itu terlihat lebih kinclong, indah dan bisa dibanggakan oleh si pemiliknya

Detailing mobil sendiri dibagi kedalam dua jenis yaitu detailing interior dan detailing eksterior yang biasanya pengerjaannya satu paket dan biasanya didahului dengan mengerjakan detailing interior baru kemudian detailing eksterior.

innova interior


Sebab bila sampai terbalik prosesnya maka akan membuang buang waktu sebab ketika exterior dikerjakan terlebih dahulu kemudian membersihkan interiornya dikhawatirkan yang eksterior kembali kotor dan harus mengulangnya lagi.


1. Detailing interior

Point point yang harus diperhatikan dalam proses detailing interior ini lebih banyak ketimbang detailing eksterior. Anda wajib memperhatikan keseluruhan interior mobil mulai dari plafon, dasboard, karpet lantai, jok, bagian bawah jok sampai celah celah tombol dan blower perlu anda bersihkan.

Keluarkan kotoran di mobil

Proses pengerjaan detailing interior yang pertama adalah mengeluarkan semua kotoran didalam mobil seperri tisu bekas, bungkus snack dan lain lain. Kemudian mengeluatkan karpet mobil dan membersihkannya baik dengan cara menyedot debunya maupun dilakukan pencucian bisa disesuaikan dengan baha karpet tersebut.

Bersihkan debu di dasboard mobil

Setelah mengeluarkan semua kotoran dan karpet dari dalam mobil, langkah selanjutnya adalah membersihkan atau menyedot debu yang ada didalam mobil mulai dari dasboard, jok mobil, lantai mobil sampai pada lokasi lokasi sempit perlu anda sedot debunya.

Perbaiki bagian interior yang rusak

Setelah proses penyedotan debu selesai carilah bagian bagian mobil yang mungkin saja mengalami kerusakan dan perbaikilah dengan ijin pemilik, misal ada karpet yang robek anda bisa menyarankan menambalnya dengan demo kecil guna meyakinkan si pemilik mobil.
Bersihkan plafon mobil dari segala kotoran yang melekat, bila perlu lakukan pencucian dan penyedotan dengan alat ekstraksi penyedot basah agar warna plafon mobil kembali seperti baru.

Cuci jok mobil

Setelah itu anda bisa membersihkan jok dari kotoran yang membandel, anda juga wajib memperhatikan bahan jok apakah kulit, vinil ataupun kain karena tiap bahan tentu saja memiliki cara membersihkan yang berbeda. Jika terbuat dari bahan kulit tentu tidak mudah kotor dan pembersihannya cukup di lap menggunakan kain lembut serta mengoleskan kondisioner agar jok yang terbuat dari kulit terlihat lebih lembab.

Untuk jok berbahan dasar kain tentu saja sering terlihat kotor apalagi bila terkena tumbahan seperti minuman dan makanan pasti akan membekas. Untuk membersihkannya anda bisa menggunakan alat pencuci jok yang ada dipasaran atau bisa mencuci secara manual menggunakan air sabun ramah lingkungan dan sikat halus, setelah disikat anda bisa langsung menyedot bagian yang telah dicuci dengan extraksi penyedot basah agar sabun dan kotoran terhisap sehingga jok kembali bersih.

Kemudian selanjutnya anda bisa membersihkan detail yang lebih rumit yang ada pada instrumen dasboard kendaraan seperti kotoran yang terdapat pada panel panel, tombol, blower AC, setir kemudi dan lain sebagainya. Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan kain lap halus atau bisa menggunakan kuas berbahan lembut. Oleskan juga pelapis vinil agar dasboard terlihat mengkilap dan juga kinclong.

Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian dalam kaca mobil dengan cairan pembersih berbahan lembut, banyak sekali cairan pembersih untuk detailing mobil yang dijual bebas dipasaran. Untuk mengelap kaca sebaiknya menggunakan bahan lap yang lembut agar tidak menggores lapisan kaca film sehingga kaca film tetap dalam keadaan jernih.

2. Detailing eksterior mobil

Sebelum anda melakukan proses detailing eksterior ada baiknya kalian mencuci seluruh body mobil termasuk sampai ke velg serta kolong mobil dan mengelapnya dengan lap khusus guna merontokkan debu dan pasir. Beberapa bagian yang perlu anda bersihkan diantaranya adalah sebagai berikut :

Rapikan ruang mesin mobil

Buka kap mesin mobil dan lakukan perapian beberapa komponen elektronik seperti kabel yang mungkin saja ada yang berserakan menggunakan klip atau pengikat khusus kabel. Semprotkan cairan pembersih minyak dan semprot dengan menggunakan air gun agar merata. Semprot juga bagian lapisan non logam anti panas yang biasanya terdapat dibawah kap mobil ( bila ada ) dengan pelindung vinil / karet agar tampilannya menjadi berkilau.


Cuci ruang mesin / engine

Jika pemilik mau, anda bisa mencuci bagian dalam ruang mesin tentunya dengan keahlian khusus yang biasa disebut dengan engine care. Memberikan lapisan silikon dan meratakannya dengan menggunakan angin bertekanan agar merata sehingga ruang mesin kembali kinclong seperti mobil baru beli. Kebanyakan orang takut mencuci ruang mesin mobil mereka dengan alasan takut terjadi kerusakan atau konsleting, jika ingin mencuci ruang mesin mobil namun merasa takut, anda bisa mencucikannya di bengkel khusus yang menyediakan jasa Engine Care.

Baca juga : Langkah cara mencuci ruang mesin mobil ala Engine Care

Cuci body mobil

Setelah semuanya beres langkah terakhir adalah mencuci body mobil menggunakan sabun khusus cuci mobil dengan merata termasuk kolong mobil juga sebaiknya dicuci. Proses mencuci juga wajib anda perhatikan, gunakan dua buah ember berbeda dengan kain cuci yang berbeda pula, satu khusus untuk mencuci body mobil sedangkan yang lainnya untuk mencuci bagian bagian lain seperti liner dan kolong mobil. Setelah proses mencuci selesai pastikan anda langsung mengelap permukaan body menggunakan kanebo camois untuk menyerap air sisa pencucian agar tidak ada kerak air yang mengendap dan menimbulkan tampilan yang tidak menarik. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca artikel kami terpisah tentang cara cuci body mobil yang benar melalui tautan berikut .

Baca juga : Langkah atau tahapan mencuci body mobil yang benar


Bersihkan velg dan ban, jangan lupa di semir

Bersihkan velg mobil menggunakan sikat khusus untuk velg dan menggunakan pembersih khusus velg atau cairan penghilang minyak khusus untuk membersihkan bagian kaki kaki kendaraan sebab disini adalah tempatnya kotoran, minyak dan debu melekat. Anda harus menbersihkan bagian velg mobil dan ban untuk tahap awal detailing eksterior. Beberapa produk pembersih velg yang dijual dipasaran mungkin saja membutuhkan waktu beberapa menit guna meluruhkan minyak atau kotoran yang menempel pada bagian velg mobil, jadi berikanlah waktu antara 1 sampai 2 menit setelah menyemprotkan pembersih dan setelah itu barulah disikat.



Proses selanjutnya cuci ban mobil menggunakan bahan pembersih khusus untuk ban guna merontokkan kotoran serta jamur yang mungkin saja menempel pada ban tersebut. Setelah ban dicuci bersih langkah selanjutnya berikan pelapis ban / semir dan tunggu semir ban terserap, kemudian di lap dengan kain berbahan katun untuk memberikan sentuhan mengkilap.


Lapisi cat dengan wax

Bila perlu beri lapisan wax pada permukaan cat body mobil guna mendapatkan warna kilau pada cat dan membuatnya lebih tahan dari cuacs ekstrim seperti hujan maupun panas. Cara kerja lapisan wax ini hampir mirip dengan tabir surya, yakni menghalau sinar infra merah dari matahari agar tidak menembus dan menerpa permukaan cat, sehingga cat body mobil tidak cepat pudar.


Nah itulah tadi sekilas mengenai panduan cara melakukan detailing mobil bagi pemula. Jika anda tertarik untuk membuka usaha salon mobil dan detailing saya rasa artikel ini sangat cocok untuk anda baca. Jangan lupa dibagikan :).



Advertisement