Anda Sering Mabuk Perjalanan ? Simak Tips Mencegah Mabuk Darat Berikut Ini

Advertisement
Cara mudah mengatasi mabuk perjalanan - seringkali kita merasa was was ketika melakukan perjalanan yang cukup jauh terutama bagi yang sudah terbiasa mabuk di sepanjang perjalanan. Selain hal ini sangat tidak mengenakkan juga akan mengganggu teman seperjalanan kita bilamana isi perut kita keluar semua layaknya semburan magma kawah gunung berapi :).

Sebenarnya kondisi mabuk ketika sedang dalam perjalanan darat baik itu diatas bus, mobil pribadi maupun diatas motor memang dipengaruhi oleh berbagai aspek, mulai dari memang si tukang mabuk ini yang tidak terbiasa dibawa stop N go secara mendadak, tidak tahan dengan bau bauan yang ada didalam kabin hingga yang lebih parah adalah karena salah dalam mengkonsumsi makanan ataupun minuman sesaat sebelum melakukan perjalanan jauh.

Salah satu penyebab kenapa bisa terjadi mabuk darat ini adalah dikarenakan adanya beberapa syaraf otak yang mengalami gangguan dan terjadi akibat tidak seimbangnya kondisi tubuh si penderita. Beberapa ciri atau tanda tanda pasti bahwa seseorang mengalami mabuk darat ini adalah terasa mual dibagian perut, kondisi wajah terlihat pucat, keluarnya keringat dingin disekujur tubuh dan kondisi tubuh terasa lemas dan yang terakhir adalah keluarnya segala sesuatu yang berasal dari perut melalui mulut alias " muntah ".

Memang dengan meminum obat anti mabuk dapat meminimalisir terjadinya mabuk namun hal ini tidaklah bagus untuk kesehatan mengingat setiap obat tentu ada efeknya dikemudian hari. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sedikit tips agar anda nantinya tidak mabuk lagi ketika menempuh perjalanan jauh melalui jalur darat.

Baca juga : Begini cara mereset motor powerwindow yang turun setengah

mabuk darat


Hindari konsumsi makanan pedas

Banyak sekali ahli kesehatan yang menganjurkan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang pedas saat hendak menempuh perjalanan yang cukup jauh, alasannya cukup simpel, makanan yang pedas seringkali enak dilahap sehingga kita tidak memiliki kontrol terhadap jumlah makanan yang kita makan, selain itu aktifitas asam lambung juga akan meningkat ketika kita mengkonsumsi makanan yang rasanya pedas.

ketika kita sedang duduk diatas mobil dan seringnya melewati guncangan, cairan asam lambung menjadi akan menjadi teraduk aduk dan pada akhirnya membuat anda muntah. Inilah kenapa terkadang dilidah terasa asam sampai pahit setelah mengalami muntah, asam dan pahit ini tak lain adalah rasa dari asam yang diproduksi oleh lambung kita. Oleh sebab itu konsumsilah makanan secukupnya, kalau bisa cukup minum air putih saja yang banyak, setelah melewati beberapa jam barulah kita mampir ke warung ataupun depot untuk makan.

Mengubah posisi duduk

Terkadang posisi duduk yang kurang baik juga dapat menyebabkan bergetarnya beberapa bagian tubuh termasuk pada bagian perut. Tentu saja kondisi ini selain membuat perut seakan akan diguncang guncang juga akan membuat kita menjadi mudah mengalami kelelahan dan pada akhirnya tubuh menjadi tidak stabil. Dan ujung ujungnya pertanda mabuk darat seperti yang telah disampaikan diatas akan segera anda alami. Nah oleh karena itu bila anda merasa tempat duduk kurang begitu nyaman bisa mencoba bergeser atau minta tukar tempat duduk guna menghindari mabuk perjalanan.

Baca juga : Mau buka usaha cuci motor, ini peralatan yang harus disiapkan

Melihat Pemandangan Luar

Biasanya ketika kita sedang dalam kondisi yang kurang begitu bagus dan terasa mual seakan akan mau muntah ( mabuk ) dengan mengalihkan perhatian pandangan kita keluar jendela dan melihat lihat pemandangan sekitar dapat membuat perasaan mual menjadi hilang. Pada intinya fikiran anda tidak hanya terfokus pada suasana berkendara sehingga tanda tanda akan mengalami mabuk ini berangsur angsur akan menghilang.

Jangan gunakan pengharum mobil yang menyengat

Percaya atau tidak bau dari parfum mobil juga bisa mempengaruhi seseorang untuk mengalami mabuk, hal ini dikarenakan indra penciuman setiap manusia tentu berbeda, beberapa ada yang kuat dan beberapa lagi terlalu sensitif untuk mencium aroma yang menyengat dari parfum mobil anda. Oleh sebab itu sebaiknya pilihlah parfum kendaraan yang tidak terlalu menyengat atau nyegrak baunya. Bagi kalian yang apes menaiki mobil model ini bisa menggunakan masker / penutup hidung agar bau yang menyengat tadi tidak terlalu tercium oleh hidung anda.

Bawa minyak gosok

Jika anda adalah orang yang menjadi langganan mabuk disaat perjalanan sebaiknya memang harus mempersenjatai diri dengan membawa minyak gosok seperti balsem ataupun minyak kayu putih. Bau bauan dari beberapa minyak gosok ini mampu merangsang indra penciuman untuk bisa berfikir lebih fresh dan pencegah mabuk tentunya.

Tempelkan salonpas ke bagian pusar

Percaya atau tidak jika anda menempelkan salonpas atau koyo ke bagian pusar akan membuat anda terbebas dari yang namanya mabuk perjalanan. Memang kami sebagai penulis tidak memiliki bukti ilmiah yang akurat mengenai hal ini, namun kenyataannya disekita penulis yang mempraktekkan cara ini kebanyakan berhasil mencegah mabuk perjalanan datat.

Baca juga : Begini cara kerja teknologi crumple zone mobil terbaru

Nah diatas adalah beberapa tips untuk mencegah mabuk darat yang bisa kalian coba terapkan, semoga perjalanan anda tidak terganggu oleh mabuk dan selamat berkendara.


Subscribe to receive free email updates: