Begini Cara Membedakan Bunyi Bearing Rusak dan Bunyi Ban

Advertisement
Tips otomotif mobil - suara yang berisik ketika mobil dikendarai memang sangat mengganggu dan membuat kita selalu was was apakah gerangan yang terjadi pada mobil saya ? Biasanya bunyi yang timbul seperti suara dengungan layaknya pesawat yang lepas landas ini bisa disebabkan karena dua hal, yang pertama yaitu karena kondisi bearing roda sudah mengalami keausan dan cacat, serta yang kedua adalah karena kondisi ban yang bergelombang / makan tidak merata yang diakibatkan karena kesalahan dalam penyetelan sudut toe in - toe out dalam ilmu geometri roda / spooring.

Nah agar kalian mendapat kepastian bagian manakah pada mobil yang mengakibatkan denggung sebelum dibawa kebengkel, kalian dapat memeriksanya sendiri baik di rumah ataupun di tepi jalan ketika anda merasakan hal yang tidak beres ini ketika berkendara.

cek bearing roda



#1. Mengecek telapak ban terlebih dulu

Yang pertama harus dilakukan adalah dengan mendongkrak bagian depan dan belakang kendaraan baik secara bergantian ataupun secara bersamaan, ketika ban dalam kondisi terangkat ini silahkan amati permukaan dari ban mobil anda, apakah disana terdapat aus yang tidak merata / bergelombang ataukah tidak.

Bila belum yakin benar silahkan anda elus elus atau raba ban mobil untuk memastikan adanya ban yang bergelombang, jika memang ada berarti besar kemungkinan ban lah yang menjadi penyebab bunyi mendengung akibat adanya turbulensi udara yang terperangkap didalam gelombang ban ketika mobil dipacu dalam kecepatan yang tinggi. Cobalah lakukan penggantian dengan ban baru yang kondisinya mulus, namun bila masih tetap bunyi dengung maka sudah pasti bahwa bearingnya yang mengalami kerusakan.

Penyebab terjadinya gelombang pada ban ini biasanya disebabkan oleh sudut toe in - toe out yang salah bilamana gelombangnya berukuran kecil, dan bila ukuran gelombangnya sangat besar dapat dipastikan kondisi tie rod atau longtierod sudah rusak atau kocak.

#2. Mengecek kondisi bearing roda

Biasanya jika kondisi telapak ban bergelombang, ketika dipakai secara terus menerus kondisi ini akan membuat getaran yang terjadi pada bagian roda semakin besar, efeknya adalah rusaknya tierod ataupun long tierod bahkan dapat berimbas pada bagian seperti bearing roda.

Untuk mengecek apakah bearing roda mobil juga bermasalah adalah ketika ban pada posisi terangkat tadi, cobalah putar roda mobil secara cepat menggunakan tangan kanan, sedangkan tangan kiri anda memegang bagian shockbreaker ataupun pegas coil pada kendaraan, bila tangan kalian merasakan adanya getaran yang timbul seperti bergeronjal maka bisa dipastikan bearing mobil pun juga sudah rusak dan sebaiknya dilakukan penggantian. Untuk mengetahui cara mengecek bearing roda yang lebih akurat silahkan Baca : Cara mengecek bearing roda yang sudah rusak

Dari pengecekan diatas dapat disimpukan bahwa indikasi dari kerusakan bearing adalah :

  1. Terdengar bunyi dengung ketika mobil dijalankan, semakin kencang kecepatan mobil maka semakin kencang pula bunyi dengangannya bahkan mirip dengan suara pesawat terbang.
  2. Ketika ban diangkat dengan menggunakan dongkrak dan digoyangkan kiri kanan atau atas bawah terdapat gerakan yang mengindikasikan adanya free spasi pada bearing.
  3. Ketika ban didongkrak dan diputar dengan menggunakan tangan, terasa getaran pada bagian shock absorber ketika disentuh dengan tangan yang lainnya.


Baca juga artikel yang bermanfaat berikut :


  1. Beberapa penyebab bearing roda cepat rusak
  2. Inilah perlunya melakukan Over Haul bearing
  3. Tips merawat bearing roda agar tidak mudah rusak

Nah begitulah tadi bagaimana cara membedakan apakah suara dengung tersebut disebabkan oleh bearing ataukah disebabkan karena kondisi ban yang kurang bagus. Semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates: