Pengertian Teknologi Crumple Zone Pada Mobil Dan Cara Kerjanya
Advertisement
Untuk membahas mengenai teknologi otomotif roda empat yang satu ini, silahkan disimak dengan baik dibawah ini mulai dari pengertian dari crumple zone, fungsi crumple zone serta manfaat yang dapat anda ambil dari sebuah teknologi ini.
Pengertian teknologi crumple zone
Crumple zone ( crush zone / zona benturan ) sendiri adalah kontruksi / bagian bagian tertentu yang ada pada bagian mobil yakni bagian depan, samping dan belakang yang sengaja dibuat lebih rapuh bila dibandingkan dengan kontruksi kabin utama Tujuan dari desain ini adalah agar ketika mobil terlibat suatu kecelakaan, maka bagian crumple zone lah yang akan menerima dan menyerap gaya kinetik yang datang dari arah berlawanan yang selanjutnya diredam sehingga tidak sampai ke kabin mobil dan melukai pengemudi mobil serta penumpangnya.Pada intinya konsep crumple zone ini adalah untuk keselamatan / safety. Ketika mobil terjadi kecelakaan pasti kita akan melihat beberapa bagian yang mengalami benturan akan hancur tak berbentuk, namun pada bagian kabin mobil tidak begitu mengalami kerusakan yang berarti karena memang untuk mobil keluaran baru rata rata telah mengadopsi teknologi crumple zone pada produk mereka.
Baca juga : Begini teknik menyalakan mobil mogok dengan cara didorong
Teknologi crumple zone ini pada awalnya ditemukan oleh insinyur marcedes bela barenyi pada tahun 1937 dan diaplikasikan ke produk marcedes di tahun 1959. Jadi sebenarnya teknologi crumple zone ini sudah ada sejak lama. Dan semakin berkembangnya teknologi yang ada serta rutinnya para insinyur otomotif mengembangkannya maka ditemukanlah formulasi yang terbaru seperti yang saat ini diaplikasikan pada kendaraan baru disaat ini. Untuk informasi akurat anda bisa membaca kutipan dari wikipedia di : https://id.wikipedia.org/wiki/Zona_benturan
Cara kerja crumple zone
Cara kerja dari crumple zone ini adalah ketika mobil mengalami kecelakaan, maka bagian yang terjadi benturan akan langsung rusak dan melengkung sehingga semua tenaga kinetik yang berasal dari arah berlawanan dapat langsung terserap pada bagian ini. Dengan begitu benturan yang sangat keras dapat diredam dan tidak sampai berlanjut dan merusak bagian kabin mobil yang berisi penumpang.Di beberapa kendaraan roda empat kelas atas / mewah, mereka menyematkan titik crumple zone pada bagian mounting atau pengikat transmisi serta mesin mobil sehingga ketika terjadi kecelakaan, mesin dan transmisi akan jatuh dan tidak berlanjut terdorong kebelakang dan menyebabkan si pengemudi / penumpang bagian depan tidak terjepit oleh mesin mobil yang mundur.
Baca juga : Inilah waktu yang tepat untuk melakukan spooring mobil
Nah itulah tadi informasi mengenai teknologi terbaik yang disematkan pada sebuah kendaraan roda empat yang memiliki tujuan utama untuk keselamatan selain Airbag. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dibagikan artikelnya :).