Penyebab Vega ZR Kurang Tenaga Tarikan Berat

Advertisement
Vega zr dan jupiter robot bagi sebagian orang menganggapnya sebagai produk gagal ketimbang pendahulunya yakni jupiter Z dan vega R new maupun generasi setelahnya yaitu jupiter Z1, sehingga vega zr dan jupiter robot ini harga bekasnya sangat anjlok. Lalu kenapa kok bisa disebut dengan produk gagal bagi sebagian orang ? hal ini karena sistem kopling yang bisa dibilang aneh karena menggunakan pegas diafragma dibanding motor lain yang menggunakan per tekan.

Hal ini sebenarnya bagus karena dengan menggunakan pegas diafragma ini perpindahan gigi akan terasa lebih halus atau smooth, namun ternyata bukan ini yang dikehendaki sebagian konsumen. Kebanyakan pengguna motor malah mencari yang tarikan awalnya nyut dan bisa standing malahan.




Penyebab vega zr kurang tenaga tarikan berat pun bervariasi, pada awalnya tarikan motor ini sangatlah enak, sebab admin juga pernah mencoba motor vega zr yang masih standar ori dengan vega zr yang sudah berumur dan menggunakan part KW/non ori. Penyebab kenapa vega zr ini tenaganya ngempos kalian perlu mengetahui hal - hal yang menpengaruhinya seperti kebocoran kompresi mesin, suplay bahan bakar dan suplay udara yang kurang ideal, serta komponen penting lain seperti kampas ganda maupun kampas kopling yang aus.

Untuk menganalisa bagian mana yang memungkinkan menjadi penyebab kalian perlu melakukan pengetesan serta pengecekan komponen satu per satu dimulai dari pengetesan kompresi mesin. Pastikan kompresi mesin memenuhi standar bawaan motor yakni di kisaran angka 9.3 banding 1, pastikan melakukan pengetesan dengan alat ukur kompresi tester dan menggunakan kick starter.

Bila kompresi bagus tidak ada kebocoran langkah berikutnya adalah mengecek suplay udara dan bahan bakar apakah keduanya normal, sebab jika suplay keduanya tidak ideal maka tenaga yang dihasilkan pun akan lemah. jika ditemui masalah pada bagian ini lakukan perbaikan terlebih dahulu.

Bila kesemuanya diatas sudah dites dan bagus, coba kalian bongkar bagian bak kanan mesin, periksa komponen loncenga, kampas ganda, kampas kopling maupun dudukan kampas apakah ada yang aus ataukah tidak, atau apakah part tadi sudah diganti dengan part KW ataukah masih ori. Sebab part KW sangat berpengaruh juga terhadap kinerja mesin. Jika diketahui KW ganti dengan part yang original, memang harganya sangat mahal dibandingkan yang KW namun kualitas barang ori sangat jauh berbeda.

Sebelum mengganti sistem kopling dan kampas ganda coba sekalian periksa apakah kondisi bearing kruk as primer dalam keadaan baik, bila oblak disarankan diganti dahulu. kalau kalian ingin merombak sistem kopling yang PnP tinggal pasang, kalian bisa menggunakan part dari vega force FI fullset yaitu lonceng dan kampas ganda, serta ronsel dan kaki 4 set milik vega force FI di vega ZR maupun jupiter robot.

Baca juga :
Modif kopling vega zr agar tidak slip


Subscribe to receive free email updates: