Arti Kode Vf bor Baterai Impact 48Vf

Advertisement
Jaman yang serba canggih tentu kita juga dituntut untuk mengikuti kecanggihan yang ada, termasuk peralatan pertukangan maupun peralatan perbengkelan juga harus mengikuti jaman. Seperti contohnya saja sekarang ini banyak peralatan power tool yang mula nya menggunakan listrik yang harus dicolok ke stop kontak, saat ini hampir semuanya ada model yang menggunakan baterai atau yang dikenal dengan power tools tanpa baterai alias cordless.

Beberapa contoh yang sering dipake selain gerinda, impact, obeng/screw driver adalah bor baterai yang bisa dibilang lebih canggih karena selain tanpa perlu kabel dan listrik 220v, bor baterai ini pun dilengkapi dengan fitur hammer maupun level kekencangan yang bisa disetting.

arti kode Vf


Sebagai sumber daya bor baterai ini menggunakan baterai yang bisa diisi ulang, biasanya menggunakan baterai lithium-ion high drain agar tenaga yang dihasilkan besar. Namun sayangnya banyak dipasaran peralatan powertools portable ini menggunakan baterai dengan kwalitas yang bisa dikatakan buruk, bukan baterai high drain bahkan beberapa memakai baterai polosan murah berwarna biru.
Volt bor baterai yang biasa digunakan.

Bor baterai maupun impact dan powertools lain menggunakan dinamo yang bisa dioperasikan dengan memberikan tegangan antara 12V hingga 24V, namun kebanyakan direkomendasikan memakai tegangan dibawah 24V, yakni hanya memakai maksimal 20V saja. Hal ini bertujuan agar memperpanjang usia pakai dari dinamo.

Arti kode Vf pada bor baterai
Biasanya bila kalian membeli bor ataupun impact cordless, di beberapa produk china kalian akan menemukan kode yang membingungkan misalkan saja kode 32Vf, 48Vf, 88Vf dan lain sebagainya jangan bingung, karena sebenarnya kode ini hanyalah trik marketing, pasalnya 48Vf yang tertulis di body produk bukanlah berapa jumlah volt dari bor tersebut, melainkan hanya kode type atau seri dari produk tersebut. yah sama ibarat Hp adalah samsung A50, A51s, A70 dan lain sebagainya.

Hal ini tidak terjadi pada produk yang memang berkelas, bermerk seperti misalnya makita,milwauuke, dewalt, ingco, bosch dll yang menuliskan volt secara real di body dan itu tanpa embel embel Vf, melainkan hanya V saja misal ingco yang menuliskan 20V, dewalt ada yang menuliskan 18V, 21V dsb.

Jadi kalian jangan sampai terkecoh dengan embel embel 48Vf tadi bukanlah berarti 48Volt, melainkan hanya impact atau bor seri 48Vf. karena faktanya saat baterai kalian tes menggunaan multimeter hanya akan terbaca 20Volt saja.

Subscribe to receive free email updates: