Bagus Ban Full Press Atau Ban Original sih ?

Advertisement
Banyak sekali saat ini disosial media seperti marketplace facebook yang menawarkan ban dengan harga miring namun dengan tampilan yang mirip seperti baru. kembang ban juga terlihat tebal bahkan ban tersebut dibalut dengan plastik pembungkus disertai merk tertentu Ya, itu adalah ban vulkanisir atau dikalangan awam saat ini menyebutnya dengan istilah ban press atau full press, lalu apa sih sebenarnya ban fullpress ini ?

Perlu anda ketahui yang dimaksud dengan ban full press ini adalah ban hasil rekondisi dari ban original yang sudah tipis bagian kembang ban nya, kemudian dikerok dilapisi dengan lapisan karet baru kemudian dipress atau dimasukkan kedalam cetakan dan di oven. Hasil akhirnya akan seperti ban yang baru dicetak pabrik.

ban fullpress

Lalu apakah ban ini aman dipakai ?
Untuk segi keamanan sih tergantung dengan cara produsen rumahan dalam membuat ban press ini, jika dilakukan dengan benar, teliti dan menggunakan bahan yang bagus, bisa saja aman dipakai namun kembali lagi ke kualitas, ban full press ini biasanya tidak bisa bertahan lama. Mungkin beberapa bulan saja karet ban hasil cetakan terlepas atau terpisah dari tekstur ban didalamnya, ada juga yang bertahan sedikit agak lama.

Jika dibandingkan dengan ban original tentu kualitas sangat beda jauh walau diiklankan kualitas bisa diadu, sebab ban original seperti contoh milik penulis pribadi ban merk FEDERAL untuk motor vega zr 2010 sudah ganti 2 kali dengan kilometer menyentuh 26.000, ban dari 2017 lalu hingga pertengahan tahun 2023 ini (+- 6 tahun) masih bisa dikatakan layak dipakai walau kembang ban sudah sedikit agak tipis yang artinya satu ban original AHM tadi bisa dipakai setidaknya sekitar 13.000km .

Untuk ban fullpress tidak ada jaminan bisa dipakai selama itu, namun untuk alasan tertentu membeli ban fullpress ini bisa dijadikan pertolongan pertama bilamana ban motor sudah sangat botak namun keuangan sedang menipis, ban jenis ini akan sangat membantu namun sekali lagi perlu menelusuri dan mencari informasi ban fullpress merk apa yang sekiranya awet.

Nah jika kalian bertanya bagus ban full press atau ban original sih ? tentu jawaban penulis akan jatuh ke ban original, meskipun harganya mahal sebagai contoh per juli 2023 ini ban federal 70/90R17 Rp154rb, dan 80/90R17 sekitar200rb an bisa dipakai hingga 15.000km sesuai klaim darin Federal dan sesuai juga penggunaan di motor penulis yang saat ini sudah 26.000km lebih baru ganti 1x. Dibandingkan dengan ban fullpress yang murah sekitar 65rban namun belum tentu bisa dipakai menempuh jarak hingga 15.000an.
Baca juga : Bahaya press velg motor yang peyang

Saran sih mending ditabung dahulu dan beli ban original entah itu merk AHM,Federal, Irc dll, namun sekali lagi kembali ke masing masing pengguna, mau beli original atau fullpress terserah kondisi dan keuangan kalian tentunya.

Artikel ini diterbitkan karena bukan bermaksud menjatuhkan pihak tertentu, namun lebih ditujukan menjawab pertanyaan yang mungkin orang awam masih bimbang dalam menentukan pilihan, Kami juga sangat mendukung usaha rumahan maupun usaha mikro mengenai produksi ban fullpress ini dengan catatan menggunakan bahan dasar dan bahan baku yang berkualitas sehingga tidak membahayakan konsumen tentunya. Jangan bosan untuk terus melakukan riset dan metode produksi fullpress agar menghasilkan produk berkualitas, salam roda2.

Subscribe to receive free email updates: