Atasi Vega ZR Slip Kopling, Ubah Pakai Jupite MX Aja
Advertisement
Untuk mengakali agar meminimaliris slip kopling ini adalah dengan menggunakan rumah kopling yang bisa menampung banyak kampas dan plat gesek. Sebab semakin banyak plat dan kampas kopling maka resiko slip ini bisa lebih di minimalisir.Buat yang minim dana namun ingin melakukan ubahan di area kopling agar bisa menggunakan kaki 4, kalian bisa tetap menggunakan rumah kopling dan gigi sekunder bawaan motor saja.
Kalian tinggal mengganti boss dudukan kampas kopling yang biasa disebut kaki 4,dan juga pressure atau lawan kaki 4 milik motor lain.Untuk saran yang minim budget, kalian bisa mengganti kaki 4 dan lawan kaki 4 menggunakan milik jupiter mx old. bagi yang masih memakai kopling otomatis kalian bisa memakai yang ber kode 1S7. Sedang jika motor kalian sudah dirubah menjadi kopling manual, kalian bisa menggunakan kaki 4 dan lawan kaki 4 dengan kode 2S6.Baut kaki 4 nya menggunakan 4 pcs baut berukuran M6 dengan panjang kurang lebih 250mm/300mm ( kebetulan saya pakai yang 300mm agar lebih penjang dan kuat menancap.
Per kopling kalian bisa menggunakan per kopling bawaan jupiter mx yang ori ataupun punya suzuki smash. Saya memakai punya suzuki smash set 4 pcs original agar perpindahan gigi lebih enak dan tidak terlalu kaku.Untuk kampas kopling nya kalian masih tetap menggunakan kampas kopling bawaan vega ZR, namun perlu ditambah 1 pcs karena disini kita akan menggunakan 3 kampas kopling dan 2 pcs plate gesek. Untuk plate geseknya kalian bisa menggunakan milik jupiter mx old 2007 sebanyak 2 pcs.
Harga dan kode part yang biasa saya pakai
kaki 4 jupiter mx old 2007 kode part 1S7-E6371-00 harga 35rb an original yamaha
Lawan kaki 4 jupiter mx old 2007 kode part 1S7-E6351-00 harga 65rb an original yamaha
Per kaki 4 set 4 pcs suzuki smash kode part 09440-18035-000 harga 16rb-20rb ori SGP
Tambah kampas kopling bawaan vega zr 1pcs kode part 5D9-E6321-00 harga 40rb/pcs ori.
Baut kaki 4 pakai baut M6 : M6 x 250 atau M6 x 300 harga 6rb an/4pcs.
Ring penahan per bisa memakai ring biasa atau ring khusus, yang biasa paling 2000 dapat banyak, atau yang khusus buat dudukan per harga nya sekitar 10rb/pcs.
Total untuk modal minim diatas mungkin kira - kira sekitar 168rb an.Untuk lock boss dudukan kaki 4 kalian bisa memakai bawaan milik vega Zr yang sedikit ditekuk agar bisa mengunci.Bagi kalian yang memiliki modal lebih, bisa memodifikasi agar dapat memakai kampas kopling lebih banyak yakni 4 pcs kampas kopling dan 3 pcs plat gesek, yakni dengan mengganti rumah kopling punya kharisma atau supra 125.
Penggunaan rumah kopling kharisma ini perlu sedikit penyesuaian karena bawaan honda paku keling nya ada 5 sedangkan vega zr hanya 3 paku keling. Perlu jasa tukang bubut disini.Atau kalian bisa mengganti satu set milik force Fi sekitar 200rb an hanya untuk rumah kopling, karena ditoko online belum ada yang jual mahkota / rumah kopling milik Force Fi dan harus beli satu set sekalian gigi sekundernya dengan kode part 1FD-E6150-00. Untuk kaki 4, lawan kaki 4, baut, ring, dan per kaki 4 bisa memakai punya Force Fi semuanya.
Tapi kalian harus terlebih dulu memindahkan rumah kopling dari gigi sekunder force fi ke gigi sekunder vega ZR jika kalian masih menggunakan lonceng ganda bawaan vega zr, atau tidak perlu memindahkannya dan sekalian saja ganti lonceng ganda milik Force Fi.Hal ini karena gigi vega Zr jumlahnya berbeda dengan milik Force Fi, di vega Zr gigi loncengnya 21T dan sekundernya 69T, sedangkan punya Force Fi gigi loncengnya 20T dan sekundernya 68T.
Dana total jika kalian ingin pakai satu set rumah kopling milik Force Fi kurang lebih sekitar 600rb sampai 800rb an.Atau bisa memakai opsi lain yaitu memakai produk aftermarket seperti TDR maupun SYS yang memang dikhususkan untuk di pakai di vega ZR dengan jumlah per nya adalah 6 per. Dana yang dibutuhkan sekitar 500rb hingga 1 juta rupiah.
Nah dengan menggunakan atau memodif bagian sistem kopling dari vega ZR ataupun jupiter robot, maka keluhan slip kopling sudah bisa kalian atasi.Hal lain yang perlu diperhatikan setelah melakukan perubahan.Pastikan kalian melakukan penyetelan atau penyesuaian dari stut kopling setiap kali melakukan perubahan di bagian sistem kopling.