Penyebab Ban Motor Sering Kempis Padahal Tidak Bocor

Advertisement
Tekanan angin pada ban motor memang perlu dilakukan pengecekan secara berkala, setidaknya di cek setiap satu atau dua minggu sekali dan sesaat sebelum kendaraan hendak kita pakai. Untuk sepeda motor sendiri saat ini banyak yang sudah menggunakan ban tubeless walaupun masih ada motor jadul keluaran lama yang menggunakan type ban dalam atau tubetype.

penyebab ban sering kempis


Kedua jenis ban ini memiliki kelebihan masing - masing dimana ban tubeless unggul ketika ban tertancap paku dan bocor, angin tidak langsung keluar sekaligus, yakni bertahan dan berangsung sehingga kita masih ada kesempatan untuk mengendarai motor dan menambalnya di tukang tambal.

Selain itu ban tubeless ini mampu menahan partikel udara lebih kuat sehingga ban tidak mudah kekurangan angin karena memang kontruksi ban tubeless didesain sedemikian rupa untuk hal ini.

Berbeda dengan ban type ban dalam, kontruksi ban lebih renggang dibandingkan dengan ban tubeless sehingga proses menyusutnya tekanan angin didalam ban lebih cepat. Terlebih lagi bila motor dengan ban dalam sangat jarang dipakai berkendara jauh, maka ban akan semakin cepat menyusut. Hal ini berhubungan dengan proses pemuaian tekanan angin didalam ban.

Pernahkan kalian yang menggunakan ban type ban dalam, sudah di cek tidak terlihat adanya kebocoran, malahan ada yang baru ganti ban dalam namun saat hendak dipakai ban malah kempes ?. Apa sih penyebab ban motor sering kempis padahal tidak bocor ?

Coba kalian ingat - ingat lagi apakah motor jarang dipakai, misal saja seminggu hanya dipakai sekali atau dua kali ? Bisa jadi motor kalian sebenarnya memang tidak bocor namun jarang sekali dipakai sehingga ban sering kempis dan harus dipompa saat hendak dipakai.

Tenang hal ini memang sangat normal adanya, bahkan motor saya yang seminggu cuma saya pakai sekali dan itupun hanya menempuh jarak kurang dari 100 meter juga mengalami hal ini kok :).
Baca juga : Cara mengisi angin ban yang benar

Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: