Arti Sepeda Motor Tidak Mbelok

Advertisement
Arti sepeda motor tidak mbelok biasanya banyak ditemui di forum jual beli facebook maupun marketplace yang ada di facebook.misalkan saja ada orang yang menawarkan sepeda motornya seperti ini: Dijual sepeda motor merk bla bla bla, surat komplit mati, mesin halus starter ganda lemah, dan motor tidak mbelok.

Lalu apa sih yang dimaksud dengan motor tidak mbelok ini, apakah motornya miring, motornya susah dibelokkan, ataukah ada arti yang lainnya mengenai sepeda motor tidak mbelok ini ?

Arti Sepeda Motor Tidak Mbelok


Ya jawabannya sebenernya mudah, biasanya penjual yang seperti ini menggunakan bahasa campuran antara bahasa indonesia dan bahasa jawa, dimana arti kata motor tidak mbelok ini jika ditranslate kan kedalam bahasa indonesia yang baik dan benar ialah motor tidak berasap atau motor tidak ngebul.

Ya,benar mbelok ini adalah istilah jawa yang merupakan kata lain dari ngebul atau berasap. Jadi motor yang saat dinyalakan keluar asap dari knalpot atau istilah kata adalah ngebul atau mbelok ini merupakan pertanda jika sepeda motor bermasalah. Apalagi jika keluar asap atau belok berwarna putih yang mengindikasikan bahwa motor tersebut terjadi kebocoran oli yang masuk kedalam ruang bakar.

Tentu mesin yang mbelok atau ngebul berwarna putih ini akan menambah biaya perbaikan jika kita masih nekat membelinya. Sukur sukur jika yang rusak adalah seal klep mungkin biayanya ringan, Bila ternyata asap putih tadi diakibatkan karena seher/boring silinder yang lecet atau baret, tentu biayanya lebih mahal karena harus mengganti piston+ring dan termasuk juga boring atau blok silinder.

Nah semoga kalian yang saat ini mencari istilah arti sepeda motor tidak mbelok, artikel ini dijamin bermanfaat dan menambah wawasan tentang dunia permotoran.

Subscribe to receive free email updates: