Air Aki Merah Dan Biru Mana Yang Lebih Bagus ?

Advertisement
Air aki merah vs biru - Aki type basah adalah salah satu jenis aki yang sampai saat ini masih banyak dipakai meskipun tergolong berteknologi jadul.Hal ini bukan tanpa sebab mengingat meskipun aki basah ini perlu rutin dipantau ketinggian cairan elektrolitnya, jika si pemilik kendaraan rutin dalam melakukan perawatan usianya bisa bertahan jauh lebih lama dibandingkan dengan aki model MF.

Cara perawatan aki basah ini sangat simpel walaupun beberapa orang menganggapnya repot yakni harus rajin memantau ketinggian air aki didalamnya. Jika air aki berkurang maka kita sebaiknya sesegera mungkin menambahkan air aki kedalamnya agar ketinggiannya kembali di batas aman.


Air Aki Merah Dan Biru Mana Yang Lebih Bagus ?

Nah di pasaran sendiri untuk air aki yang dijual biasanya dikemas dalam kemasan botol tuang yang memiliki label merah dan label biru yang tentu saja memiliki fungsi yang berbeda beda. Jika kalian bingung mau memilih aki botol merah atau aki botol biru, sebaiknya kalian perlu memahami fungsi dari air tersebut dan penggunaannya.


AIR AKI BOTOL MERAH
Biasa disebut dengan air zuur atau air asam sulfat yang memiliki rumus kimia H2SO4 yaitu larutan elektrolit yang nantinya dapat digunakan sebagai cairan penghantar listrik. Pada dasarnya air aki botol merah ini pun bukan murni H2SO4 karena bagaimanapun juga kadar sulfatnya tak lebih dari 10% nya saja.


AIR AKI BOTOL BIRU
Adalah air yang didapatkan dari proses penyulingan dan bebas mineral ( walaupun beberapa ada yang mengandung timbal ), yang biasanya digunakan sebagai cairan penambah volume aki jika volume air pada sel aki mulai berkurang sedikit. Dengan menambahkan air aki botol biru inilah kita bisa mengatur volume air dialam sel aki agar tidak menurun dan habis. Sebab jika sel aki tidak terendam sempurna oleh cairan elektrolik akan menyebabkan suhu aki menjadi panas dan akhirnya akan rusak.

Baca juga : Cara cas aki kering paling gampang

Untuk pengaplikasiannya biasanya air aki botol merah ini dipakai saat pengisian aki pertama kali dimana aki sebelumnya kosong tanpa cairan. Cukup tuang air zuur botol merah pada tiap - tiap sel aki sesuai dengan batas ketinggiannya, jangan terlalu kurang dan berlebih.

Atau bisa juga digunakan saat aki kendaraan kehabisan cairan akibat anda lalai dalam mengontrolnya, misal saja air aki tinggal seperempat atau bahkan habis tak bersisa. Termasuk juga saat rekondisi aki, dimana prosesnya adalah mendidihkan aki kemudian membuang seluruh cairan yang ada, kemudian menggantinya dengan cairan baru.

Sedangkan untuk air aki botol biru digunakan jika air aki mulai menyusut, misal saja menyusut dibawah batas low level. Jangan sekali - kali menambahkan air aki botol biru kedalam aki yang kehabisan elektrolit, sebab akan membuat aki tidak bisa di cas dikarenakan terlalu banyaknya kadar air didalam sel.

Baca juga : Inilah penyebab air aki cepat habis

Nah semoga bermanfaat.



Subscribe to receive free email updates: