Cara Cas Aki Kering Paling Mudah
Home » » Cara Cas Aki Kering Paling Mudah

Cara Cas Aki Kering Paling Mudah

Advertisement
Cara cas aki kering - seperti tulisan kami yang lalu mengenai "apakah aki kering bisa di cas" beberapa hari yang lalu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara yang mudah untuk mengecas aki kering yang mungkin saja drop atau hilang performanya akibat adanya masalah di sistem pengisiannya.

Caranya sebenanya sangat gampang sekali, yang kita butuhkan hanyalah aki yang ngedrop serta alat khusus untuk mengecas aki.

Untuk mendapatkan alat ini kalian bisa mencarinya di pelapak online misal di bukalapak, disana banyak yang menjual alat semacam ini, model fitur dan harganya juga bervariasi. Ada yang hanya bisa dipake nge charger saja, ada pula yang memiliki fitur autocut yang secara otomatis alat tersebut akan memotong aliran listrik bila aki sudah dalam kodisi full.

Cara Cas Aki Kering Paling Mudah
Ilustrasi charger aki kering otomatis berbagai merk


Soal harga ada yang cuma sekitar 80 ribu an, ratusan ribu bahkan jutaan rupiah. Bagi yang ingin coba - coba kalian bisa beli yang harganya murah dulu, atau cukup pinjam ke teman yang mungkin saja memiliki alat khusus charger semacam ini.

Atau kalian bisa juga beli modul DIY yang fungsinya hampir sama yakni modul step down 220v to 12v sekian ampere.

Cara mengecasnya juga tak kalah mudah, cukup kalian pasangkan capit charger ke kutub aki sesuai dengan warnanya. Biasanya warna hitam untuk kutub negatif, dan warna merah untuk kutub positif.
Setelah selesai tinggal tunggu sampai indikator lampu menyatakan baterai telah penuh atau setelah alat charger melakukan auto cut off pengisian.

#Hal hal yang perlu diperhatikan.

Sebelum melakukan pengecasan sebaiknya perhatikan apakah aki tersebut hanya lobet, drop atau sudah benar - benar rusak. Karena sangat sayang bukan bila kita sudah beli alat cas, namun ternyata aki nya yang bermasalah?.

Perhatikan jenis aki yang mau di charger, aki basah, aki MF atau aki jenis jell. Untuk aki jenis jell biasanya bila jell didalamnya sudah benar - benar mengering artinya aki tersebut tidak lagi bisa di cas. Sedang aki type basah maupun MF jika memungkinkan masih bisa dipaksakan melalui fitur recondition melalui charger yang support.

Selanjutnya adalah alat charger nya, usahakan gunakan alat charger yang bagus, stabil voltase serta arusnya, memiliki fitur autocut off lebih disarankan, karena jika kita lupa mencabut charger, aki tidak mengalami kerusakan dalam bentuk overcharger.

Baca juga : Pilih aki kering atau basah ? jangan sampai salah pilih loh

Nah bagaimana cukup mudah bukan untuk melakukan cas aki kering yang mungkin saja rusak, sowak atau lowbatt, Semoga bermanfaat.


Advertisement