Aki Kering VS Aki Basah ? Pilih Yang Mana
Home » , , » Aki Kering VS Aki Basah ? Pilih Yang Mana

Aki Kering VS Aki Basah ? Pilih Yang Mana

Advertisement
Aki kering VS aki basah - salah satu komponen didalam dunia otomotif yang memiliki fungsi untuk menyimpan daya yang nantinya dapat digunakan untuk menghidupkan mesin mobil serta kelistrikan lainnya adalah accumulator atau orang biasa menyebutnya AKI.

Aki ini pun dibedakan menjadi dua jenis yaitu aki basah dan aki kering. Kedua jenis aki inipun memiliki keunggulan serta kekurangannya masing masing. Adapun kelebihan dan kekurangan aki basah dan aki kering adalah sebagai berikut ini.

aki kering vs aki basah


1. Aki type basah

Aki basah ialah jenis aki yang memerlukan sebuah cairan berupa air zur untuk merendam sel sel aki tersebut. Biasanya pada aki basah memiliki model yang transparan dan juga memiliki indikator batas atas dan batas bawah . Tujuan warna aki yang transparan ini adalah agar memudahkan kita untuk mengecek dan mengontrol ketinggian cairan aki. Aki type basah ini sangat cocok digunakan di daerah yang memiliki iklim tropis layanya indonesia ini.

Anda diharuskan untuk rajin mengecek ketinggian cairan air aki sebab aki type basah ini mudah sekali menguap, terlebih lagi letak dari aki yang berada didalam ruang mesin yang bersuhu panas. Jika anda sampai tidak melakukan pengecekan dan sering kehabisan air aki maka secara otomatis aki type basah ini akan denga mudah mengalami kerusakan.
Harga dari aki basah ini umumnya lebih murah dibandingkan dengan aki type kering.

2. Aki type kering

Aki type kering disebut juga dengan free maintenance baterry karena aki jenis ini tidak mengunakan cairan air zurr, dan sebagai gantinya digunakan bahan semacam gel. Karena gel semacam ini lebih tahan terhadap suhu panas yang tinggi membuat aki model ini tidak cepat mengalami penguapa yang berarti.

Aki type kering ini sangat cocok digunakan oleh anda yang tidak ingin direpotkan dalam urusan mengecek air aki. Namun harga yang ditawarkan dari aki kering ini jauh lebih mahal ketimbang aki type basah.

Dilihat dari segi usia pakai

Dari kedua type aki diatas memiliki usia pakai yang tidak jauh berbeda, hal ini juga berkaitan dengan bagaimana cara melakukan perawatan dan juga cara menggunakannya. Biasanya baik aki kering maupun aki basah akan mengalami penurunan performanya pada usia kurang lebih dua tahun keatas, dan sebaiknya dilakukan penggantian aki yang baru.


Baca juga :

  1. Daftar harga mesin kompressor terbaru
  2. Bahaya salah mencarger aki mobil dapat berakibat fatal
  3. Inilah penyebab aki selalu tekor padahal sudah diganti baru


Nah bagi anda yang kebingungan mencari pilihan apakah akan menggunakan aki kering atau aki basah dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda. Bila ingin praktis silahkan menggunakan aki kering, dan bila menginginkan aki yang harganya murah maka pilihan yang tepat adalah membeli aki type basah. Semoga bermanfaat dan silahkan jangan lupa dibagikan artikelnya.


Advertisement