Alasan Ban Harus Diganti Tiap 5 Tahun

Advertisement
Automotivexist.blogspot.com - pernahkah kalian mendengar atau membaca informasi mengenai ban mobil yang disarankan di ganti tiap 5 tahun sekali meskipun kembang ban masih terlihat bagus ? Kira - kira apa sih alasannya ?

Alasan penggantian ban ini beragam dengan alasan yang ada sangkut pautnya dengan keamanan tau safety. Nah beberapa hal dibawah ini adalah alasan kenapa sebaiknya ban mobil diganti secara periodik minimal tiap 5 tahun sekali.

Alasan ban harus diganti secara periodik

Alasan Ban Harus Diganti Tiap 5 Tahun
Image by : besmart,ca


1. Daya cengkeram yang menurun.

Seiring waktu berlalu maka daya elastisitas ban juga semakin menurun. Ban yang sudah tidak lagi elastis tentu daya cengkram nya juga sudah tidak lagi bagus ( tidak ngegrip ). Ban pun akan lebih rawan slip jika dipake melaju di jalanan yang kondisinya basah seperti dimusim hujan. Ban yang gampang slip seperti ini tentu rawan menjadi penyebab kecelakaan.

2. Kenyamanan berkendara terganggu.

Ban yang sudah berusia uzur, apalagi tidak dirawat oleh pemiliknya lama - kelamaan akan bagian dinding nya akan semakin mengeras. Yang perlu diketahui tentang ban salah satunya adalah sebagai peredam getaran bukan ? Nah, dinding ban yang sudah mengeras tentu daya redam getaran tidak lagi maksimal, rasanya pasti akan lebih keras dibandingkan jika memakai ban yang sidewall nya masih lentur. Hal ini akan memicu kita untuk mengurangi tekanan ban dibawah tekanan ideal. Jika tekanan terlalu rendah selain membuat konsumsi bbm boros, ban juga rawan benjol di bagian sidewall nya.

3. Ban rawan pecah.

Ban yang sudah berusia tua selain konturnya yang semakin mengeras, terkadang juga muncul retak - retakan yang bervariasi, mulai dari retak seukuran bercak hingga retakan yang lebih panjang. Retakan ini tentu akan semakin banyak dan menyebar. Bila ban tidak segera diganti baru, sangat dikhawatirkan mengalami pecah dijalanan.

Nah ternyata alasannya cukup penting dan menarik bukan kenapa ban sebaiknya diganti secara periodik ?

Bagi yang memiliki banyak uang sih tidak jadi masalah untuk gonta - ganti ban, namun bagi yang berkantong cekak apalagi mobil sudah butut pasti akan sedikit merasa keberatan jika diharuskan mengganti ban tiap 5 tahunan ini bukan ?

Kalian bisa sih tidak mengganti ban walaupun lebih dari 5 tahun asalkan kondisi ban tadi benar - benar masih baik, terutama masih lentur / elastis, tidak terdapat retakan, serta tidak banyak bekas tambalan. Tapi sekali lagi jika ban sudah tidak masuk kriteria layak pakai, usahakan diganti saja dengan ban produksi baru.



Subscribe to receive free email updates: