Jarang Dilumasi, Awas King Pin Truk Mudah Rusak

Advertisement
Perawatan kendaraan truk - masalah yang sering timbul pada kaki kaki kendaraan komersil sekelas truk maupun bus ialah mudah longgarnya bearing roda, bocornya shock absorber hingga longgarnya king pin roda depan truk yang akhirnya akan membuat kemudi truk susah untuk dikendalikan.

king pin truk


Sebenarnya kerusakan pada bagian king pin ini sangat umum terjadi pada kendaraan truk muatan berat yang jarang diperhatikan perawatannya, sebab kebanyakan memang kendaraan komersil yang satu ini adalah kendaraan tempur yang dipacu terus menerus untuk bekerja.

Selain faktor jalanan dan cara mengemudi yang ugal ugalan, ternyata ada hal lain yang mempengaruhi cepat nya king pin gampang sekali rusak, yaitu jarang nya pemilik maupun pengguna kendaraan ( sopir ) memberikan pelumasan pada bagian king pin sehingga ketika ada kotoran berupa debu / pasir yang masuk ke dalam celah king pin, dapat membuat king pin aus dan oblak.

Baca juga : Ketahui penyebab As truk sering patah disini

Nah agar tidak terjadi hal yang demikian, sebaiknya anda rutin untuk melumasi bagian king pin dengan vet atau grease di bengkel truk langganan anda. Dengan rutin melumasi king pin dengan grease tembak ini, maka debu atau pasir yang menempel dan masuk akan terdorong keluar oleh grease tadi sehingga membuat umur pakai king pin lebih awet.

Jangan lupa juga anda rutin mengecek kaki kaki truk khususnya di bagian depan, jika terdapat bearing roda yang longgar segera lakukan penyetelan dan penambahan grease agar bearing pun juga panjang umur.

Akibat king pin rusak dan tidak diperbaiki

Terkadang ada juga pemilik ataupun sopir yang mengetahui king pin truk mereka sudah mulai aus dan terjadi oblak, namun tetap saja membiarkan hal ini dan lebih memilih tidak melakukan tindakan apa apa, padahal jika king pin truk sudah rusak, aus dan oblak jika tidak diganti dengan yang baru dapat membuat pengendalian setir kemudi menjadi liar.

Lama kelamaan akibat pergerakan king pin yang sudah aus ini menyebabkan ban depan truk menjadi keriting atau bergelombang dibagian sisi luar dan sisi dalamnya, dan lama kelamaan kondisi seperti ini akan memperparah pengendalian kemudi truk yang semula liar bertambah lagi menjadi liar plus semi bergetar.


Baca juga : Belajar spooring truk dan minibus secara manual sendiri

Truk yang dirawat dengan baik tentu saja akan panjang umur dan terhindar dari biaya tak terduga akibat kerusakan yang timbul. Semoga bermanfaat dan silahkan di bantu share artikel ini, terimakasih sudah berkunjung.


Subscribe to receive free email updates: