Home » , » Cara Spooring Sendiri Mobil Truk Atau Elf Minibus

Cara Spooring Sendiri Mobil Truk Atau Elf Minibus

Advertisement
Spooring truk minibus sendiri - Salah satu hal yang wajib namun tidak tercatat didalam buku panduan pengguna kendaraan bermotor roda empat ialah mengenai spooring mobil dimana perawatan yang berupa penyetelan sudut sudut geometri roda mobil ini sangat berdampak pada kenyamanan berkendara dan juga hemat tidaknya pemakaian ban serta bahan bakar kendaraan.

Spooring adalah suatu pekerjaan yang biasanya dilakukan di tiap kendaraan yang telah mencapai jarak tempuh di kilometer tertentu, biasanya per 10.000km untuk diselaraskan kembali sudut sudut geometri roda seperti sudut camber, sudut caster dan juga sudut toe yang suatu saat pasti bergeser. Spooring bisa dilakukan baik secara manual dengan menggunakan benang ataupun meteran, juga bisa dilakukan dengan sebuah mesin khusus yang dinamakan mesin spooring. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips ringan bagaimana melakukan spooring manual yang bisa kalian lakukan sendiri tanpa harus pergi ke ahli spooring, khusus untuk mobil jenis truk ataupun elf minibus.

truk modifikasi

Cara spooring truk dan minibus sendiri


1. Kunci kunci untuk spooring manual truk dan minibus

Untuk melakukan spooring secara manual ini yang perlu anda persiapkan adalah sebuah kunci kunci untuk mengendorkan single tierod truk serta meteran sebagai alat ukur. Untuk kunci membuka tie rod truk berbeda beda tergantung truk merk apa, khusus untuk isuzu anda hanya membutuhkan kunci inggris besar, kunci pas ring 30, dan kunci pas ring 24.

Baca juga : Penyebab As roda truk sering patah dan cara antisipasi

2. Langkah melakukan spooring manual truk dan minibus sendiri

Pertama silahkan kendorkan mur pengunci tierod sisi kiri dan kanan dengan kunci pas yang telah anda persiapkan tadi, setelah dikendorkan mintalah bantuan kepada seorang teman untuk mengukur panjang antara roda depan bagian depan, dan roda depan bagian belakang truk dan hitung selisihnya, pengukuran dilakukan pas pada bagian tengah ban.Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.

Cara Spooring Sendiri Mobil Truk Atau Elf Minibus

 Untuk ukuran ideal mobil truk ataupun minibus, selisih antara depan ( A ) dan belakang ( B ) maksimal adalah 4 sampai 10 milimeter lebih pendek di bagian depan ( A ). Setelah anda mendapatkan selisih 4 atau 10 mm antara bagian depan dan bagian belakang, silahkan anda kencangkan mur pengunci tie rod dan pastikan kencang agar tidak kendor dan terlepas diperjalanan nanti. Saya sendiri biasa menggunakan selisih 4 milimeter utuk penyetelan.

Kenapa harus ada selisih 4 sampai 10 milimeter lebih pendek dibagian depan ? Selisih rentang jarak yang lebih pendek pada bagian depan disebut dengan toe - in, sudut toe - in inilah yang membuat pengendalian mobil menjadi lebih stabil, lurus dan tidak liar. Berbeda jika setelan terbalik yang belakang lebih pendek daripada bagian depan, pengendalian akan menjadi liar, belum lagi setir bisa kadang miring kiri kadang miring kanan tidak jelas ( liar ).

Untuk penyetelan lain lain tidak ada yang perlu disetel karena truk atau mobil elf minibus tidak memiliki setelah camber ataupun caster layaknya mobil penumpang lain, dan sudut sudut camber caster dari truk ini permanen alias tidak dapat disetel sebab pada sebuah truk tidak menggunakan ball joint ataupun upper dan lower arm, melainkan langsung memakai King Pin sebagai penghubungnya.

Karena penggunaan King pin itulah kaki kaki truk ataupun minibus menjadi sangat kuat walaupun digunakan untuk mengangkut muatan yang sangat berat, dan jarang sekali mengalami kerusakan jika si pemilik rajin melakukan perawatan dan pemeriksaan pada bagian ini, khususnya dalam memberikan pelumas atau grease.

Baca juga : Ini dia alasan kaki kaki truk atau elf minibus jarang rusak

Nah itulah tadi tips bagaimana cara menspooring mobil truk atau elf sendiri dengan menggunakan benang atau meteran. Dengan anda melakukan spooring sendiri, selain menghemat pengeluaran biaya untuk melakukan spooring juga akan membuat anda lebih tahu bagaimana cara merawat truk / minibus kesayangan. Semoga bermanfaat dan silahkan dicoba. Untuk mendapatkan hasil yang sangat akurat tentu akan lebih baik lagi bila anda langsung membawa truk tercinta ke bengkel khusus spooring dan balancing yang tersebar di kota anda.


Advertisement

Advertisement