INFO OTOMOTIF BERAPA USIA TRUK YANG IDEAL

Advertisement

Usia maksimal pemakaian truk - kendaraan komersil seperti halnya truk muatan barang tentu memiliki beban yang lebih jika dibandingkan dengan kendaraan komersil pengangkut orang.

usia ideal untuk truk


Selain itu jarak tempuh dari kendaraan komersil ini memiliki jarak yang lebih panjang dibandingkan kendaraan penumpang. Lalu yang menjadi pertanyaan adalah seberapa lama sih idealnya usia sebuah truk yang masih layak untuk beroperasi ?


Untuk batasan seberapa bagus usia pemakaian kendaraan truk ini tidak ada batasan yang jelas, tergantung situasi dan kondisi dilapangan serta faktor produktifitas dari truk yang bersangkutan. Ada dua patokan yang bisa anda jadikan acuan dalam menentukan usia ideal pemakaian truk, yang diantaranya ialah sebagai berikut :


1. Mahal tidaknya biaya servis

Biasanya rata rata pemilik kendaraan truk berpatokan terhadap biaya perawatan atau servis nya, semakin tua usia truk biasanya biaya perawatannya semakin besar, nah kalau sudah demikian maka dari pada merugi membiayai truk yang nilai jualnya mendekati biaya servisnya, pemilik truk lebih memilih memensiunkan truk yang lama dan menggantinya dengan unit yang baru. Beberapa truk ada yang beroperasi antara 20 hingga 30 tahun, bahkan bisa lebih.


2. Perhatikan suku cadang kendaraan

Setiap jenis kendaraan termasuk juga truk tentu akan mengalami masa masa diskontinyu atau penghentian produksi, nah setiap manufaktur kendaraan pun memiliki ketetapan untuk tetap memproduksi dan memasok suku cadang beberapa puluh tahun kedepan setelah kendaraan dinyatakan diskontinyu. Sebagai contoh truk Hino yang telah di diskontinyu modelnya, maka pabrik tetap akan menjamin, memproduksi dan memasok suku cadang dari kendaraan yang sudah diskontinyu tadi dalam 10 tahun kedepan.

Untuk jenis kendaraan dari manufaktur lain silahkan cari informasi ke dealer terdekat di kota anda.


Jadi selain berpatokan pada besarnya nilai jual kendaraan VS biaya perawatan, anda juga harus memperhatikan ketersediaan sparepart truk tersebut, jika sudah merasa kesulitan mencari suku cadang yang original dan sesuai, alangkah bagusnya jika unit truk tersebut diganti dengan model terbaru, kecuali sparepart aftermarket masih bisa dicari dan digunakan sebagai pengganti sparepart original tidak jadi masalah, hanya saja kekurangan sparepart aftermarket ini mudah sekali rusak.


Nah jadi usia ideal untuk pemakaian kendaraan truk ini tidak bisa diputuskan hanya dengan menyebutkan sebuah angka, misalnya 20 tahun, 25 tahun atau 30 tahun harus diganti. Anda harus memperhatikan faktor biaya perawatan dan juga ketersediaan suku cadangnya. Walaupun truk sudah berusia diatas 30 tahunan kalau suku cadang mudah didapat dan biaya servis tidak mahal, maka truk tersebut tetap masih ideal untuk dipakai. Semoga bermanfaat dan silahkan dibagikan.



Subscribe to receive free email updates: