Home » » Penyebab As Roda Truk Patah Dan Cara Antisipasinya

Penyebab As Roda Truk Patah Dan Cara Antisipasinya

Advertisement
Sebab as roda sering patah - sering kali kita menemukan kecelakaan sebuah truk di jalan raya yang patah as atau poros roda bagian belakangnya. Nah bagi sebagian orang pun juga bertanya tanya mengapa roda truk tersebut bisa patah padahal sebuah truk itu didesain dengan tingkat kekokohan yang lebih dibandingkan mobil biasa.

Jika sudah demikian kemacetan pun jadi tak terhindarkan lagi sampai truk tersebut benar benar disingkirkan ke pinggir jalan raya. Biasanya membutuhkan waktu yang lama mengingat truk truk yang terlepas As rodanya biasanya mengangkut sarat dengan muatan.

as truk patah
truk mengalami patah sumbu roda

Banyak sekali penyebab kenapa As roda truk tersebut bisa patah yang diantaranya adalah muatan truk yang terlalu berlebihan atau overload, juga bisa disebabkan karena faktor usia komponen truk tersebut yang sudah dimakan usia.

Setiap truk pastinya memiliki batas muatan maksimum ( tonase ), dan kebiasaan orang di indonesia adalah memaksakan mengangkut barang yang terlalu berlebih dengan alasan hemat, tidak bolak balik dan sebagainya. Memang pada awal awalnya tidak ada masalah, namun jika hal ini terus dilakukan secara berulang maka rear housing axle akan melengkung dan pada akhirnya akan patah.

Beberapa kemungkinan kerusakan pada penggerak truk jika kelebihan muatan

  • Gear differential akan rontok, rompal atau hancur
  • Axle shaf akan patah
  • Batang As roda patah




Maka dari itu untuk menghindari kejadian seperti ini sebaiknya anda melakukan hal hal dibawah ini.

  • Jangan pernah memuat barang yang melebihi kapasitas angkutan ( melebihi tonase maksimum ).
  • Pastikan anda selalu rajin melakukan pengecekan fisik kondisi gardan truk.
  • Pastikan laju truk anda tidak melebihi batas kecepatan maksimum muatan ( ngebut ugal ugalan ) dan sebaiknya pelankan laju truk jika melewati lubang yang menganga dijalanan.

as belakang truk patah
houshing axle patah


Nah tahu kan sekarang alasan kenapa truk bisa mengalami patah as roda. Bagi anda yang memiliki truk pastikan anda selalu memperhatikan perawatan kendaraan anda, dan bagi anda penunggang kendaraan bermotor pastikan anda tidak berkendara didekat truk besar sebab dapat membahayakan jiwa anda. Semoga selamat di jalan dan semoga bermanfaat.


Advertisement