Cara Atasi Gigi Mundur Susah Masuk

Advertisement
Cara mengatasi gigi perseneling mundur susah masuk - salah satu kendala yang ada pada kendaraan ber type manual mengenai perpindahan gigi perseneling ialah susahnya memasukkan gigi perseneling mundur sehingga kita memerlukan ritual khusus tiap kali ingin mengoper tuas transmisi ke gigi mundur. Lalu sebenarnya apa sih yang menyebabkan gigi perseneling mundur susah masuk ?

Di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa membuat gigi perseneling mobil anda menjadi susah masuk sehingga dengan mengetahui penyebabnya, anda akan dengan mudah melakukan tindakan perbaikan.

Cara Atasi Gigi Mundur Susah Masuk


Berbagai penyebab gigi perseneling susah masuk

Biasanya jika gigi perseneling ini susah untuk dioper pasti ada beberapa hal yang menyebakan masalah ini, diantaranya adalah karena sudah habisnya kampas kopling mobil, macetnya kabel tuas transmisi dan masuk angin bagian master kopling untuk yang type hidrolik, dan yang terakhir adalah rusaknya komponen sincromes yang ada didalam transmisi, namun karena pada gigi perseneling mundur ini tidak dilengkapi oleh syncromes maka kita bisa mengabaikan point yang terakhir ini. Untuk mengetahui lebih lengkap penyebab tuas perseneling susah masuk silahkan baca tulisan kami yang lain di :

Baca juga : Berbagai penyebab tuas transmisi susah dioper

Secara umum memang kontruksi dari gear transmisi pada gigi mundurnya tidak terdapat komponen yang namanya syncromes, melainkan langsung antara dua gigi yang bersinggungan sehingga pada proses perpindahan tuas transmisi ke gigi mundur ini memiliki perlakuan yang berbeda dengan jika kita memasukkan gigi perseneling ke gigi 1, 2, 3, 4, 5 . Dan karena itulah sehingga jika kita melakukan pengoperan ke gigi mundur disaat yang tidak tepat, dalam artian posisi antar gigi tersebut belum sejajar, maka bisa dipastikan gigi perseneling tidak bisa dioper ke posisi R.

Cara mengatasi gigi mundur susah masuk

Untuk kondisi yang normal ketika kalian mengalami susah masuk ke gigi mundur, yang perlu kalian lakukan adalah cukup dengan memposisikan gigi perseneling pada posisi netral, kemudian silahkan anda lepas pedal kopling dan kembali menekannya sembari memindahkan tuas yang semula pada posisi netral ke gigi mundur.

Jika cara diatas masih tidak bisa alias masih susah, cara lain yang bisa kita lakukan adalah dengan memasukkan terlebih dahulu tuas transmisi ke gigi 1, baru kemudian ulangi langkah diatas yakni menekan pedal kopling dengan kuat dan mengoperkan tuas perseneling ke gigi mundur lagi.

Baca juga : Fungsi tombol shift lock di mobil metik


Tuas transmisi sering mengalami susah masuk ke gigi mundur

Namun jika kejadian ini terus terusan terulang, dalam artian setiap kali kita hendak memindahkan perseneling ke gigi mundur namun selalu saja gagal dan seperti terasa ada yang mengganjal, mungkin memang ada masalah pada sistem transmisi anda, misalnya saja kampas kopling yang sudah tipis, atau setelan pedal kopling yang kurang pas sehingga menyebabkan kejadian ini terulang dan terulang lagi. Untuk itu silahkan diperbaiki penyebabnya terlebih dahulu.


Catatan penting

Pastikan anda tidak memaksakan jika gigi perseneling susah dioper ke gigi mundur, lakukan treadmen menginjak kopling melepas dan menginjak lagi baru kemudian mencoba melakukan pengoperan gigi perseneling ke posisi R.
Pastian anda menunggu kendaraan sampai berhenti dengan sempurna terlebih dahulu dengan cara mengerem, baru kemudian memindahkan gigi perseneling dar posisi gigi selain mundur ke gigi mundur, hal ini bertujuan agar putaran mesin berhenti secara sempurna dan mempermudah anda dalam perpindahan tuas perseneling ke gigi mundur, selain itu agar menjaga roda gigi didalam transmisi tidak rompal.

detail transmisi mobil

Baca juga : Inilah 7 keunggulan transmisi manual dibanding matic

Nah semoga dengan tulisan diatas anda menjadi lebih berwawasan dan mengetahui bagaimana cara mengatasi gigi perseneling mobil yang susah dioper ke gigi mundur. Semoga bermanfaat.



Subscribe to receive free email updates: