Penyebab Gigi Perseneling Mobil Susah Masuk

Advertisement
Berbagai penyebab gigi perseneling susah masuk - mungkin ada beberapa diantara pembaca yang mengalami masalah saat mengoper gigi perseneling mobil dimana saat hendak memindahkan gigi, terasa susah sekali masuk sehingga membuat kita menjadi jengkel sendiri. Lalu apa sih penyebabnya kenapa perseneling mobil ini susah sekali dioper atau dipindah gigi nya ?

Banyak sekali faktor yang menyebabkan kenapa perseneling mobil susah masuk, susah dioper seperti seakan akan perseneling tersebut macet, dan beberapa penyebab kenapa gigi perseneling mobil anda menjadi sangat sulit untuk dioper diantaranya adalah sebagai berikut ini :

Penyebab Gigi Perseneling Mobil Susah Masuk


Penyebab gigi perseneling susah masuk / dioper


1. Adanya kebocoran pada fluida master kopling

Untuk mobil yang koplingnya digerakkan secara hidrolik, ketika fluida minyak penggerak master koplingnya mengalami masuk angin akan menyebabkan kinerja master kopling ini menjadi tidak maksimal. Saat pedal kopling diinjak, udara yang ada didalam saluran fluida master kopling akan membuat piston master kopling ini menjadi kurang menekan.

Hasilnya sudah pasti pegas diafragma tidak tertekan dengan sempurna dan perpindahan gigi perseneling ini menjadi terasa kaku dan mengganjal. Untuk mengatsi hal ini anda bisa membleding atau membuang udara yang ada didalam saluran fluida master kopling. Pastikan anda selalu memeriksa ketinggian fluida minyak di tabung reservoir master kopling, jika berkurang segeralah tambahkan.

Baca juga : Beberapa kelebihan transmisi manual dibandingkan matic

2. Kabel kopling macet / keras

Masih pada sistem penggerak tuas kopling dimana tuas pada kopling ini digerakkan menggunakan kabel seling. Terkadang karena posisi atau penempatan kabel kopling yang kurang baik bisa menyebabkan kabel tersebut tertekuk sehingga menjadi macet. Jika sudah demikian, hasilnya akan sama seperti masalah pada poin pertama diatas. Untuk mengatasi hal ini kalian bisa mencoba memeriksa kabel kopling kendaraan anda, apakah kondisinya baik baik saja ataukah tertekuk dan macet. Jika tertekuk silahkan diperbaiki posisinya, dan jika macet anda bisa mencoba menyemprotkan cairan anti karat kedalam saluran kabel kopling tadi agar licin kembali.


3. Master kopling mengalami kebocoran

Cara kerja dari master kaliper ini hampir mirip dengan master rem, dan selain mengalami masuk angin juga bisa mengalami kebocoran didalam sistemnya. Karena bocornya sistem fluida penggerak master rem ini mengakibatkan tekanan yang ada pada ujung master kopling yang menggerakkan tuas transmisi menjadi tidak bekerja dengan baik. Dan hasilnya adalah gigi perseneling susah untuk dipindahkan. Untuk mengatasi hal ini anda bisa melakukan pemeriksaan visual terhadap komponen master kopling baik itu master bagian atas ataupun bagian bawah. Jika ditemukan adanya masalah maka sebaiknya lakukan penggantian.

4. Roda sincromes atau shyncronizer sudah aus

Didalam sebuah sistem transmisi terdapat sebuah gigi atau ring yang terbuat dari bahan kuningan dan disebut dengan nama sincromes atau shyncronizer. Fungsi dari ring ini adalah untuk menahan roda gigi perseneling yang terputar agar saat itu juga berhenti. Dengan begitu pengoperan dari gigi yang satu ke gigi yang lainnya menjadi lebih mudah dan tidak takut gigi gear tersebut hanur atau rontok. Karena ring sincromes ini sudah aus, maka saat kita akan memindahkan gigi, gear transmisi tadi masih terputar sehingga perpindahan gigi menjadi tidak mungkin.

Untuk mengatasi hal ini sebelumnya anda harus memastikan kondisi beberapa poin diatas dalam keadaan baik baik saja. Jika poin diatas sudah diperiksa dan tidak terjadi masalah yang menyebabkan gigi perseneling susah masuk, bisa dipastikan adanya masalah kerusakan pada ring sincromes didalam transmisi. Untuk memperbaiki hal ini anda harus menurunkan transmisi dan melakukan pembongkaran, jika dipastikan ring sincromes ini yang menjadi penyebabnya maka anda harus menggantinya dengan yang baru.

Penyebab Gigi Perseneling Mobil Susah Masuk

Baca juga : Mengenal kode huruf dan angka di transmisi otomatis mobil

Nah itulah tadi beberapa hal yang menyebabkan gigi perseneling susah masuk atau dioper, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dibagikan :).

Subscribe to receive free email updates: