Ketahui Mengapa Suku Cadang Ori Di Bengkel Resmi Lebih Mahal

Advertisement
Suku cadang original mobil motor - melakukan perawatan memang sebuah keharusan bagi pemilik kendaraan bermotor baik itu motor roda dua maupun roda empat. Hal ini tujuannya tidak lain ialah untuk meminimalisir kerusakan yang lebih parah pada kendaraan milik anda. Dengan rutin melakukan servis maka anda tidak terlalu terbebani dibandingkan kendaraan yang jarang servis ( rusak parah ) pasti membutuhkan biaya yang sangat mahal dan menguras kantong.

Biasanya mobil yang jarang sekali diservis kerusakan demi kerusakan akan menumpuk dan pada akhirnya suku cadang atau part yang harus diganti semakin banyak, dan yang begini ini yang memberatkan anda khususnya dalam menebus suku cadang baru. Terlebih lagi suku cadang original bila anda membelinya di dealer atau tempat servis resmi harganya sangat mahal dibandingkan part original yang dibeli di toko luar ( sama sama original ). Dan yang menjadi pertanyaan kali ini ialah kenapa sih harga suku cadang di bengkel resmi sangat mahal ?.

suku cadang asli toyota


Alasan suku cadang di dealer resmi mahal.

Pada umumnya orang akan mengeluh demikian bila pertama kali menlakukan perbaikan di bengkel resmi dan membanding bandingkan harga part nya tanpa mau tahu alasan kenapa harganya bisa semahal itu. Mahalnya harga suku cadang di dealer resmi memang wajar mengingat mereka selain menjual suku cadang, juga memberikan layanan khusus berupa GARANSI, nah kata kata GARANSI inilah yang membuatnya menjadi mahal hingga mencapai lebih dari 30% nya. Berbeda dengan yang dijual di toko toko otomotif non resmi, walaupun yang dijual adalah barang original harganya cukup murah namun mereka tidak memiliki jaminan garansi.

Salah satu contoh simpelnya adalah mengenai penggantian shock absorber mobil, bila anda membeli dan mengganti dengan part baru di bengkel resmi biasanya akan dijamin garansinya selama kurang lebih 2 tahun. Jika masih dalam masa garansi ternyata shock absorber tadi rusak lagi maka anda akan diganti dengan part baru secara gratis bahkan sampai dua atau lebih penggantian cuma cuma.

Baca juga : Shockbreaker sering rusak ? Baca penyebabnya disini

Bagaimana dengan part non ori yang dijual di bengkel resmi ?

Kadangkala karena keterbatasan dealer resmi dalam menyediakan part originalnya, mereka juga menggunakan part non resmi dan membelinya di toko luar sesuai dengan persetujuan si pemilik mobil, tentunya pihak dealer juga memilih produk mana yang bagus dan mereka tetap memberikan garansi yang sama dengan barang originalnya. Jadi kesimpulan yang dapat saya berikan adalah membeli suku cadang di dealer resmi lebih terjamin walaupun mahal.

Baca juga : Tips mengenali bunyi ban atau bearing mobil

Nah bagaimana apakah anda sudah paham penyebab harga suku cadang original di bengkel resmin lebih mahal ketimbang yang dijual di toko pinggir jalan raya ? Pilihan tetap dikembalikan lagi kepada anda, apakah anda mau membeli di tempat resmi stau tidak itu terserah anda, dengan konsekuensi seperti yang telah kami uraikan diatas. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dibantu share.


Subscribe to receive free email updates: