Bahaya Memasang Lampu Dengan Watt Tinggi Diatas Standard

Advertisement
Tips otomotif mobil - demi membuat tampilan mobil menjadi terlihat lebih keren, kebanyakan para pemiliknya memoles kendaraannya dengan berbagai macam modifikasi, beberapa modifikasi yang umum dipakai ialah seperti menggunakan stiker mobil layaknya tampilan mobil balap, menambahkan aksesoris seperti winglet, mengganti panel kap mobil dengan bahan serat karbon sampai mengganti lampu lampu mobil diluar standard yang ditetapkan.

Melakukan modifikasi tanpa perhitungan dan tidak dilakukan oleh tenaga yang berpengalaman dapat menimbulkan bahaya baik pada kendaraan maupun pada sang pemiliknya. Salah satu contoh modifikasi yang seringkali dilakukan dengan sembrono adalah melakukan penggantian lampu lampu kendaraan dengan produk aftermarket seperti contohnya menggunakan lampu HID untuk headlamp dan lampu balon dengan watt yang lebih besar pada bagian foglamp.

lampu fog meleleh

Baca juga : Kabel bodi mobil terbakar, ketahui penyebabnya disini

Untuk pemasangan lampu berteknologi HID ini biasanya dilakukan hanya oleh teknisi khusus yang berpengalaman sebab orang biasa tidak tahu bagaimana cara memasang lampu tersebut, berbeda dengan lampu kabut atau foglamp yang masih berjenis bohlam, semua orang bisa melakuan penggantian ini karena memang caranya yang mudah, tinggal cabut dudukan bohlam, mencabut yang lama dan menancapkan yang baru selesai. Namun tahukah anda bahwa mengganti lampu dengan Watt yang lebih besar ini sangatlah berbahaya dan tidak dianjurkan karena sangat rawan terjadi konsleting dan kebakaran.

Alasan mengganti bohlam dengan watt lebih tinggi sangat berbahaya

Sebuah sistem kelistrikan memiliki spesifikasinya sendiri sendiri termasuk kabel kabel yang digunakan untuk menghubungkan energi listrik dari sumber tenaga ke komponen yang membutuhkannya dan besar kecilnya kabel yang dipakai ini sudah disesuaikan.

Jika kalian mengganti bohlam dengan watt yang lebih tinggi, tentu kabel yang semula hanya digunakan untuk mengalirkan energi listrik dengan watt kecil akan memanas, lama kelamaan kabel ini akan berpijar kemudian meleleh. Nah melelehnya satu bagian kabel ini akan menyebabkan kabel kabel lain yang masih satu rangkaian ikut meleleh dan hasilnya sudah bisa ditebak, hubungan arus pendek pun tidak bisa dihindarkan.

Selain itu, kondisi bohlam yang memiliki watt besar ini juga akan menghasilkan panas yang jauh lebih tinggi lagi, sedangkan rumah lampu atau reflektor ini didesain hanya mampu untuk menerima watt kecil disesuaikan dengan standard pabrikan. Bila dipaksakan maka anda akan mendapati reflektor lampu akan meleleh juga.

Baca juga : Ini alasan kenapa part ori di dealer harganya mahal

Solusi bila ingin mengganti bohlam dengan watt yang lebih tinggi

Jika kalian memang memaksakan ingin mengganti lampu standard dengan produk aftermarket dengan alasan mungkin agar nyalanya lebih terang, sebaiknya anda menggantinya fullsett yakni lampu bohlam beserta rumah lampu dan juga kabel kelistrikannya, termasuk sekring didalamnya untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan.


Subscribe to receive free email updates: