Penyebab Kabel Body Mobil Sering Terbakar

Advertisement
Konsleting pada mobil - seringkali kita mengetahui ada berita mengenai mobil yang tiba tiba terbakar tanpa ada pemicunya di media televisi maupun media cetak seperti koran, atau anda adalah salah satu dari sekian banyak orang yang mengalami nasib sama yakni kabel mobil terbakar bahkan hingga seluruh mobil ikut terbakar ? Sebelumnya saya ucapakan turut prihatin bagi yang pernah mengalaminya semoga tulisan kami kali ini dapat memberikan manfaat bagi anda untuk menghindari hal buruk seperti ini dilain waktu.

Penyebab kabel body mobil terbakar

Seringkali penyebab seluruh sistem kelistrikan mobil menjadi konslet dan terbakar adalah karena kesalahan si pemilik mobil yang secara sembrono melakukan modifikasi pada bagian bagian elektrikal dengan menyerahkan ke bengkel variasi yang tidak profesional dan tidak mahir dalam melakukan modifikasi. Kesalahan dalam menyambung kabel kabel tertentu seperti kita memasangkan tape variasi ataupun sound system adalah penyebab pasti dari terbakarnya sistem elektrikal kendaraan.

Kenapa saya bilang begitu ? Karena pada dasarnya yang diketahui oleh beberapa bengkel variasi non profesional hanyalah mencari kabel massa ( + dan - ) kemudian menyambungnya dan alat variasi yang dipasang dapat menyala. Ciri kesalahan dalam penyambungan kabel kabel variasi adalah dengan sering adanya sekring mobil yang putus.

kabel body terbakar
keterangan gambar
No 1. Kabel body terbakar
No 2. sekring mobil meleleh karena dijumper
No 3. kabel body terbakar di lain lokasi
No 4. Penyebab konslet, penyambungan kabel yang sembrono


Baca juga : Mobil ini terbakar setelah mengganti tape variasi

Seperti yang telah kita tahu bahwa fungsi dari sekring yang ada pada sistem elektrikal mobil adalah sebagai pengaman bila ada konslet didalam suatu rangkaian sistem kelistrikan. Sekring akan langsung rusak / putus bila dilewati arus listrik yang melebihi batasannya. Namun terkadang orang lupa dengan hal ini, beberapa orang malah menjamper sekring dengan menggunakan seutas kawat atau mengganti sekring dengan nilai yang lebih tinggi dengan tujuan tidak cepat putus, nah disinilah letak kesalahan mereka.

Karena menjamper sekring atau mengganti nilai ke yang lebih tinggi inilah kinerja sekring yang seharusnya dilewati oleh arus tinggi putus, ini malah tidak putus dan tetap meneruskan arus arus listrik tersebut ke bagian yang konslet tadi.

Kabel yang konslet ini akan memanas layaknya bara api dan akan melelehkan plastik pembungkus kabel disekelilingnya. Lambat laun akan menghasilkan nyala api dan membakar apa saja disekitarnya.

Baca juga : Begini cara maling memecahkan kaca mobil tanpa suara

Oleh sebab itu bagi anda yang ingin coba coba melakukan modifikasi seperti mengganti lampu lampu aftermrket, memasang audio system, memasang lampu strobo dan lain sebagainya pastikan anda lakukan di bengkel variasi profesional yang telah terbukti dan terjamin kualitas pelayanannya serta memiliki tenaga yang benar benar ahli. Anda tidak mau kan hanya karena memasang tape variasi seharga 1.5 juta di tempat yang tidak ahli mobil berharga anda terbakar habis ?


Subscribe to receive free email updates: