Stabilkan Suspensi Mobil Anda Dengan Sport Damper

Advertisement

Penstabil mobil agar tidak limbung - pernahkah anda mengendarai mobil seperti avanza, xenia atau mobil sejenis ketika sedang bermanuver mengalami gejala body roll atau limbung ?

Terlebih lagi jika mobil tersebut memuat banyak beban ketika sedang bermanuver atau membelok dengan kecepatan sedang, mobil menjadi limbung dan seakan akan mau terbalik. Hal ini disebabkan karena pegas keong atau per spiral terlalu banyak menerima beban.

sport damper


Untuk mengatasi hal ini kalian bisa memanfaatkan produk aksesoris aftermarket berupa stabilizer aktif berupa karet yang dipasangkan diantara suspensi coil spring atau per keong pada kendaraan.

Fungsi dari alat ini adalah untuk membatasi gerakan dari per keong tadi agar tidak terlalu tertekan sehingga gejala body roll atau limbung pada mobil akan berkurang atau bahkan hilang dama sekali.

Di pasaran sendiri banyak sekali produsen yang menawarkan masing masing produknya dengan merk andalan mereka seperti merk balance, merk prime, merk valen dan lain sebagainya. Dan penulis sendiri pun dahulu juga memiliki pengalaman dari salah satu produk sport damper merk valen yang bekerja sama dengan bengkel kalla toyota dalam penjualannya.


Sport damper atau stabilizer aktif ini memiliki banyak sekali kelebihan yang diantaranya adalah sebagai berikut.

Fungsi Dan Manfaat Sport Damper Stabilizer Aktif


  • Sebagai penstabil ayun dari suspensi mobil ketika dikendarai dan mencegah kendaraan menjadi limbung.
  • mampu menahan beban yang berlebihan pada mobil sehingga ketika mobil dinaiki banyak orang, body tidak langsung ambles maksimal sehingga shockbreaker/shockabsorber menjadi ringan kerjanya.
  • Membuat manuver mobil menjadi lebih gesit dan agresif melewati jalanan yang berlubang lubang.
  • Sport damper ini mampu memperpendek jarak pengereman sebesar hampir mencapai 30%.
  • Mampu meredam guncangan pada body mobil sehingga buat kalian yang senang sekali berkendara sambil memutar audio, suaranya tidak terganggu oleh guncangan ketika melewati jalanan jelek.

Berapa harga sport damper aktif stabilizer mobil ini ?

Untuk harga di tiap daerah atau kota tentu saja berbeda beda. Untuk wilayah jawa harga yang dipatok kurang lebih antara 480 ribu sampai 600 ribu per set berisi 2 buah karet damper yang bisa dipasang di kedua suspensi bagian depan saja atau bagian belakang saja.

Untuk luar jawa mungkin bisa lebih mahal sebab dahulu tahun 2013 saja saya menjual produk milik valen per set nya sekitar 750 ribu berisi dua buah karet sport damper untuk suspensi belakang saja. Sehingga bila ingin memasang pada ke empat pegas per keong mobil, anda harus merogoh kocek sebesar 1.5jt disana.

Berapa lama pemasangan dari sport damper ini ?

Cara memasangnya sangatlah mudah sekali dan tidak membutuhkan waktu yang lama kurang lebih 15 sampai 20 menit an alat sudah terpadang pada ke empat per mobil anda. Cukup mendongkrak mobil bagian depan dan langsung bisa memasang alat ini. Sedangkan pada bagian belakang bisa sambil delosor an menggunakan sleeper :).

valen sport damper
Salah satu produk karet sport damper yang terpasang di coil spring guna mengurangi efek body roll

Apakah bisa dipasangkan untuk kendaraan roda dua alias motor ?

Produsen sport damper selain membuat khusus untuk mobil, mereka juga membuat khusus untuk sepeda motor. Untuk mendapatkannya silahkan anda cari di toko toko variasi mobil atau motor yang ada dikotamu.

Baca juga : Apa itu body roll pada mobil serta penyebabnya ?

Nah semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk di share artikel ini. Terimakasih dan selamat berkendara dengam nyaman.

Subscribe to receive free email updates: