Arti Body Roll Pada Mobil Dan Penyebabnya

Advertisement
Apa itu body roll di mobil - berkendara dengan menggunakan sebuah mobil tentu sangat berbeda bila dibandingkan dengan mengendarai sepeda motor, menggunakan sebuah mobil kita wajib tahu tentang segala seluk beluk yang ada pada mobil yang sedang kita kendarai. Hal ini akan sangat ebrguna seali bagi anda agar nantinya dapat dengan mudah mengatasi permasalahan yang terjadi sehingga kitapun akan tetap merasa aman dan juga nyaman selama berkendara.

Selain pengetahuan teknis anda juga perlu tahu mengenai istilah istilah yang ada didunia otomotif roda empat, salah satunya adalah mengenai istilah body roll atau body limbung pada mobil. apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan body roll atau body mobil yang limbung ini ?

Arti Body Roll Pada Mobil

Pengertian body roll pada mobil

Body roll adalah suatu kejadian dimana mobil seolah olah terasa miring dan bahkan body mobil terasa terangkat ( terlempar )saat mobil melaju di tikungan. Efek nge roll ini terjadi lantaran tingginya kecepatan ketika sedang menikung serta didukung dengan ketinggian body mobil yang cukup tinggi. Sebagai contoh ketika sebuah mobil melaju di tikungan kearah kiri, maka body mobil akan terasa seolah olah terpental kearah kanan, begitupun sebaliknya. Beberapa kasus body roll ini menyebabkan mobil bahkan bisa terbalik ketika menikung. Kebanyakan mobil yang sering mengalami body roll adalah mobil jenis SUV serta minibus, bahkan sering kali sampai mobil tersebut kecelakaan dan terguling keluar jalur.


Mengapa mobil Bisa Terjadi Body Roll ?

Body roll pada mobil ini terjadi karena adanya gaya sentrifugal, gaya ini bersumber dari gerakan menikung mobil dengan kecepatan yang sangat tinggi sehingga bobot dari body mobil serta arah dari pergerakannya menimbulkan gaya sentrifugal. Semakin tinggi kecepatan mobil disaat menikung, semakin besar pula gaya sentrifugalnya.


Pada dasarnya setiap mobil tentunya sudah dilengkapi dengan sebuah sistem suspensi pada roda rodanya yang berguna untuk menyerap baik gaya kejut yang dihasilkan oleh jalanan hingga menyerap gaya limbung seperti ini. Namun jika kemampuan suspensi dalam menyerap gaya sentrifugal ini jauh lebih kecil dibandingkan dengan gaya sentrifugal yang tercipta, maka sudah pasti mobil akan terguling guling dan pada akhirnya akan terjadi kecelakaan.


Selain itu tinggi dari body mobil juga mempengaruhi, semakin tinggi body mobil maka semakin tinggi pula potensi mobil mengalami body roll. Nah inilah pentingnya mengenali seluk beluk kendaran yang akan kita pakai sehingga dapat meminimalisir resiko celaka di jalan raya.


Banyak orang yang sering memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi di jalanan termasuk di jalan yang menikung, mengakalinya dengan memperkuat sistem suspensi mereka baik itu mengganti coil spring dengan produk aftermarket yang lebih keras, menambahkan link stabilizer hingga aksesoris lain seperti penambahan karet sport damper di bagian coil spring mobil yang masih dalam keadaan standar seperti contoh pada artikel dibawah ini.

Baca juga : Mengatasi body roll dengan memasang valen sport damper

Tidak semua jenis mobil didesain dan mampu menahan dan meredam efek body roll ini dengan baik, jadi usahakan juga ketika anda sedang melaju ditikungan, kurangi kecepatan mobil anda sehingga kejadian seperti mobil terbalik ini tidak menimpa anda. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dibantu share.



Subscribe to receive free email updates: