Kelebihan Dan Kekurangan Elektrik Power Steering Mobil

Advertisement
EPS Electric Power Steering - salah satu teknologi yang sudah banyak diadopsi oleh mobil mobil keluaran terbaru adalah penggunaan elektrik power steering atau yang biasa di sebut dengan singkatan EPS.

Teknologi terbaru dari sistem powersteering menggantikan versi konvensionalnya yang masih menggunakan powersteering hidroulik yang menggunakan minyak atau pelumas yang harus selalu diganti tiap kilometer tertentu. Berbeda sekali dengan power steering elektrik yang rangkaiannya mirip seperti dinamo, dan untuk mengatur fungsinya menggunakan sebuah modul yang di integrasikan kedalam ECU mobil.

eps

Baca juga : Cara merawat powersteering hidrolik agar tidak mudah rusak

Tentu saja ada kelebihan dan juga kekurangan dari penggunaan powersteering elektrik ini yang diantaranya adalah sebagai berikut.

Kelebihan elektrik powersteering

  • Tidak memerlukan perawatan khusus atau free maintenance.
  • Fungsinya sama saja dengan powersteering konvensional yakni memperingan setir kemudi ketika dibelokkan.
  • Lebih hemat bahan bakar sebab yang memutar powersteering adalah listrik, berbeda dengan model hidrolik yang menggunakan putaran mesin sehingga beban mesin menjadi lebih berat.
  • Bebas dari penggantian oli powersteering sebab memang tidak membutuhkan oli dalam penggunaannya.
  • Membuat kendaraan lebih stabil ketika melaju dengan kecepatan tinggi sebab fungsi powersteering ini akan sedikit diperberat sehingga setir tidak mudah goyah.

Kekurangan elektrik powersteering

  • Setir terasa sedikit lebih berat ketimbang powersteering hidrolik.
  • Ongkos perbaikan mahal dan prosesnya rumit sebab harus membongkar batang kemudi terlebih dahulu.
  • Ketika terjadi kerusakan tiba tiba di jalan biasanya setir akan mengunci, hal ini sangat berbahaya jika mobil yang anda kendarai melaju dengan kencang. Namun jangan khawatir sebab kerusakan powersteering elektrik ini sangat jarang terjadi.
  • Jika komponen ini sampai rusak maka biaya penggantian sangat besar sekali.

Nah untuk menjaga agar elektrik powersteering mobil anda agar tidak mudah rusak, maka anda perlu memperhatikan cara mengemudi anda sebab kerusakan EPS ini akibat kelalaian pengguna atau ketidak tahuan mereka dalam menggunakan teknologi canggih ini. Salah satunya adalah jangan suka ngebut di jalanan yang tidak bagus, berlubang dan jalanan bergelombang sebab dapat merusak komponen motor EPS.

Baca juga : Mobil anda terasa limbung ketika belok ? stabilkan dengan alat ini

Semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates: