Jangan Banting Setir Mobil Sampai Mentok Agar Power Steering Tidak Rusak
Advertisement
Memang saat ini mencari lahan parkir sangatlah sulit sehingga lebih memilih memarkirkan kendaraan di tepian jalan raya secara paralel dan parahnya lagi antar kendaraan yang satu dengan yang lainnya sangat mepet sekali, sehingga jika ada kendaraan yang hendak meninggalkan parkir yang seperti ini sering memutar setir secara full padahal cara ini tidak diperbolehkan.
Alasan jangan memutar setir mobil terlalu mentok adalah ketika setir yang telah dibekali dengan teknologi powersteering hidrolik ini akan membuat kompressor oli power steering bekerja lebih berat dan kencang yang jika hal ini terjadi secara berulang ulang akan membuat beberapa komponen seperti pompa power steering akan meningkat suhunya dan mempengaruhi seal oil menjadi lemah dan jebol dan bocor.
Bahkan pompa powersteering pun akan mengalami keausan dan terjadi kerusakan dini pada komponen ini. Jika sudah demikian maka kinerja dari powersteering menjadi tidak maksimal dan performanya akan menurun. Setir pun akan menjadi sangat berat dari biasanya.
Tanda umum power steering bekerja terlalu keras biasanya adalah timbulnya dengung pada bagian kompressor power steering serta naiknya rpm mesin mobil.
pompa power steering hidrolik |
Baca juga : Komponen sistem starter mobil dan fungsinya
Nah maka dari itu sebaiknya anda jangan membelokkan setir kemudi mobil secara full atau mentok sehingga kerusakan dini pada komponen power steering ini tidak terjadi. Semoga bermanfaat untuk anda dan jangan lupa untuk dibantu share.
Oh iya, untuk tulisan kami lainnya yang masih berkaitan dengan power steering silahkan baca juga lias nya dibawah ini.
- Cara merawat power steering agar awet
- Kekurangan dan kelebihan power steering elektrik
- Ini efek jika minyak power steering sampai habis
- Berbagai penyebab power steering gampang rusak