Jangan Banting Setir Mobil Sampai Mentok Agar Power Steering Tidak Rusak

Advertisement
Tips merawat power steering mobil - sering kali para pengendara mobil tidak menyadari hal hal sepele seperti memutar setir yang terlalu full mentok baik kekiri maupun kekanan sebab tanpa mereka sadari hal ini dapat merusak mobil kesayangan mereka khususnya mobil yang telah dilengkapi dengan teknologi power steering hidrolik.

Memang saat ini mencari lahan parkir sangatlah sulit sehingga lebih memilih memarkirkan kendaraan di tepian jalan raya secara paralel dan parahnya lagi antar kendaraan yang satu dengan yang lainnya sangat mepet sekali, sehingga jika ada kendaraan yang hendak meninggalkan parkir yang seperti ini sering memutar setir secara full padahal cara ini tidak diperbolehkan.

setir belok full


Alasan jangan memutar setir mobil terlalu mentok adalah ketika setir yang telah dibekali dengan teknologi powersteering hidrolik ini akan membuat kompressor oli power steering bekerja lebih berat dan kencang yang jika hal ini terjadi secara berulang ulang akan membuat beberapa komponen seperti pompa power steering akan meningkat suhunya dan mempengaruhi seal oil menjadi lemah dan jebol dan bocor.

Bahkan pompa powersteering pun akan mengalami keausan dan terjadi kerusakan dini pada komponen ini. Jika sudah demikian maka kinerja dari powersteering menjadi tidak maksimal dan performanya akan menurun. Setir pun akan menjadi sangat berat dari biasanya.

Tanda umum power steering bekerja terlalu keras biasanya adalah timbulnya dengung pada bagian kompressor power steering serta naiknya rpm mesin mobil.

steering pump
pompa power steering hidrolik

Baca juga : Komponen sistem starter mobil dan fungsinya

Nah maka dari itu sebaiknya anda jangan membelokkan setir kemudi mobil secara full atau mentok sehingga kerusakan dini pada komponen power steering ini tidak terjadi. Semoga bermanfaat untuk anda dan jangan lupa untuk dibantu share.

Oh iya, untuk tulisan kami lainnya yang masih berkaitan dengan power steering silahkan baca juga lias nya dibawah ini.





Subscribe to receive free email updates: