Mobil Matic Mogok Jangan Didorong Karena Transmisi Bisa Hancur

Advertisement
Mobil matic mogok - banyak sekali penyebab kenapa kendaraan roda empat kita mengalami mogok dijalanan karena memang dari diri kita sendiri kurang menyadari bagaimana cara merawat mobil yang baik dan benar. Dan dari sekian banyak jenis mobil yang mogok, mobil bertransmisi otomatis atau matic ini memang ada mitos yang mengatakan bahwa mobil matic yang mogok haram hukumnya untuk didorong karena bisa membuat komponen transmisinya akan rusak.

Untuk diketahui bahwa mobil bertransmisi matic pelumasan komponen transmisinya adalah dengan menggunakan oli matik yang hanya akan bekerja ketika mesin mobil ini hidup. Jika mesin mobil ini mati maka pelumasan tidak akan terjadi, terlebih lagi jika mobil tersebut didorong akan membuat komponen komponen penggerak seperti Converter Torque dan Planetary Gear nya aus dan rusak.

dorong mobil mogok
image source : strongmuscleproject.files.wordpress.com


Memang anggapan diatas tidaklah salah dan juga tidak sepenuhnya benar karena kita juga harus melihat kondisi bagaimananya dahulu.

Hal yang wajib diperhatikan ketika mendorong atau menderek mobil transmisi matic


Jika mobil matic anda mogok ditengah jalanan tentu saja akan mengganggu pengguna jalan yang lain sehingga kita harus menyingkirkan mobil tersebut dari tengah jalan ke tepian jalanan. Hal ini pun dibolehkan dengan syarat didorong secara perlahan seperti biasanya mendorong mobil dan tuas transmisi ini berada pada posisi N.

Bagaimana jika kita mendorongnya dengan jarak yang agak jauh misalnya didorong atau diderek sampai mendapatkan bengkel terdekat ?.

jawabannya adalah tidak apa apa asalkan anda mendorong dengan posisi tuas transmisi berada pada posisi Netral. Usahakan jika anda memutuskan untuk menarik mobil matic anda denga mobil lain, dalam artian kesemua roda menyentuh tanah maka pastikan anda mendereknya dengan sangat perlahan dan batas kecepatan tidak boleh melebihi 30 km/jam dan posisi tuas transmisi berada pada posisi N. Untuk jaraknya pun jangan sampai lebih dari 15 Km karena jika terlalu jauh dikhawatirkan terjadinya keausan pada komponen Converter Torque dan Planetary Gea tadi.

Ketika anda memutuskan untuk menyewa jasa mobil derek, untuk mendereknya adalah mengangkat bagian roda penggerak agar tidak menyentuh ke tanah sehingga nanti komponen transmisinya tidak ikut bergerak. Misalnya saja mobil matic tersebut berpenggerak belakang seperti kijang innova, avanza dan lain sebagainya maka dianjurkan mengangkat bagian belakang atau pantat mobil yang diderek. Begitu juga halnya dengan mobil matic penggerak depan semisal toyota yaris, vios atau camry maka yang harus diangkat dan diderek adalah bagian depan kendaraan.

Dengan cara menggantung roda roda penggerak kendaraan maka transmisi pun tidak akan ikut terputar sehingga mobil dapat dengan aman diderek sampai bengkel servis terdekat untuk memeriksakan kenapa mobil anda tiba tiba mogok.

Baca juga : Jangan membelokkan setir full agar power steering tidak rusak

Nah semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan khususnya bagi anda sekalian yang memiliki mobil matic mogok didalam perjalanan dan umumnya untuk semua pembaca blog ini. Jangan lupa untuk membagikan artikelnya.


Subscribe to receive free email updates: