Penyebab Rem Cakram Mobil Macet

Advertisement
Rem cakram mobil macet - Kurangnya para pemilik mobil melakukan perawatan kendaraan bermotor roda empat dapat menyebabkan beberapa masalah kerusakan dari mulai yang ringan hingga berat. Dan salah satu perawatan yang paling penting adalah merawat sistem pengereman sebab mobil dengan kondisi rem yang kurang bagus dapat berakibat fatal bagi pemilik bahkan pengendara lain.

piston rem macet
proses perbaikan piston dan pen caliper

Beberapa masalah kemudian timbul akibat tidak cermatnya kita dalam melakukan perawatan, khususnya terhadap mobil dengan jarak tempuh diatas 50.000km sebab mobil dengan kilometer tersebut lebih banyak terabaikan dan salah satu masalah yang muncul adalah rem cakram mobil menjadi macet.



Dengan macetnya rem cakram mobil ini tentu selain berkendara menjadi kurang nyaman juga menyebabkan kampas rem menjadi cepat habis, padahal baru saja melakukan penggantian. Nah beberapa penyebab kenapa rem cakram mobil bisa menjadi macet diantaranya adalah sebagai berikut :

Piston berkarat

Karena kurangnya perawatan pada bagian ini misalnya karet penutup piston robek dibiarkan sehingga dapat menyebabkan piston rem menjadi berkarat dan lengket. Karena piston ini lengket tentu saja tidak dapat kembali ke posisi semula setelah dipakai mengerem ( piston mendorong kampas rem terus menerus ). Untuk proses perbaikan bisa dilakukan OH piston rem hingga melakukan penggantian.

Pen kaliper rem macet

Yang kedua adalah pen kaliper rem cakram, fungsi pen caliper ini adalah sebagai dudukan rumah piston agar dapat bergerak maju mundur ketika dilakukan pengereman. Jika komponen ini sampai macet tentu kejadiannya akan sama dengan piston tadi, rumah piston tidak bisa kembali ke posisi semula setelah dilakukan pengereman sehingga seakan akan posisinya menekan terus. Pen yang macet harus dilakukan penggantian yang baru.

Lalu bagaimana cara mengecek apakah piston ataukah pen kalipernya yang mengalami macet?

Caranya cukup mudah, silahkan lepas kampas rem cakram / brake pad kemudian pasang kembali tanpa menggunakan kampas, untuk menguji pistonnya silahkan minta bantuan teman lain untuk menginjak pedal rem dengan halus sampai piston keluar. Selanjutnya coba dorong masuk menggunakan obeng, jika tidak dapat masuk berarti piston bermasalah.

Sedangkan cara mengecek apakah pen kalipernya yang macet / bengkok, tinggal gerakkan saja rumah piston maju atau mundur, jika rumah piston tersebut tidak dapat bergerak bebas berarti pen kaliper bermasalah dan harus diganti.

Baca juga : Penyebab mobil panther tersendat dan mogok

Nah itulah dua hal penyebab rem cakram mobil menjadi macet. Berikan perhatian khusus ada bagian ini terutama ketika musim hujan tiba, sebab air hujan yang masuk ke sela sela piston maupun pen kaliper dapat menimbulkan karat.


Subscribe to receive free email updates: