Solusi Tierod Rusak, Diperbaiki Atau Diganti Baru ?

Advertisement
Tie rod rusak - seringkali para pemilik mobil tidak mengetahui bahwa mobil kesayangan mereka mengalami kerusakan pada bagian tie rod yang menyebabkan fungsi tie rod ini tidak dapat bekerja secara maksimal. Padahal tierod ini fungsinya sangat vital terhadap kendaraan .

Bila tie rod ini mengalami kerusakan tentu ketika mobil dikendarai akan terasa melayang, terkadang belok kekiri dan kekanan tidak jelas yang dikarenakan oblak atau rusaknya komponen tersebut. Belum lagi speleng atau freeplay setir menjadi lebih besar yang menyebabkan sulitnya menentukan lurusnya posisi kemudi ketika mobil sedang melaju.

tierod mobil


Salah satu penyebab rusaknya tierod adalah karena roda atau ban kendaraan yang jarang dilakukan balancing, sehingga terjadi perbedaan berat antara ban dan velg, hal ini menyebabkan momen didalam ban tersebut tidak seimbang sementara ketika mobil melaju kencang dan ban berputar akan menerima gaya sentrifugal dari kiri dan kanan ataupun dari atas dan bawah sehingga putaran ban menjadi bergetar. Dan getaran inilah yang bisa membuat tie rod menjadi rusak.

Lalu pertanyaan yang muncul kemudian adalah bagaimana mengatasi tie rod yang telah mengalami kerusakan, diperbaiki saja ataukah sebaiknya diganti dengan tie rod yang baru ?


  1. Untuk kerusakan tie rod yang tidak terlalu parah dalam artian hanya oblak sedikit kira kira 1/2 mm bisa dilakukan repair atau perbaikan dengan jalan di press menggunakan alat press agar tie rod joint rapat kembali dan tidak oblak.
  2. Namun bila ternyata oblaknya sudah sangat parah kira kira diatas 2 mm sebaiknya harus dilakukan penggantian dan setelahnya membalancing roda roda mobil agar nantinya putaran ban menjadi stabil dan tidak merusak tierod kembali.


Baca juga : Begini cara ketahui penyebab rem cakram mobil macet

Nah bagaimana apakah pembaca sudah mengerti dan mengetahui harus berbuat apa ketika menemukan masalah tie rod yang rusak ?.


Subscribe to receive free email updates: