Inilah Alasan Lampu Halogen Tidak Boleh Disentuh Tangan

Advertisement
Lampu halogen - pernahkah kalian mendengar bahwa lampu baik motor ataupun lampu mobil yang berisi gas halogen tidak boleh dipegang oleh tangan secara terbuka?.

Lampu adalah salah satu komponen yang sangat vital yang ada pada kendaraan bermotor karena memiliki fungsi sebagai penrangan jalan ketika kita sedang berkendara di malam hari. Dai sekian banyak jenis lampu didunia ini, kebanyakan para perusahaan otomotif menggunakan lampu halogen ini sebagai lampu andalan pada produk mereka.

lampu halogen


Kembali lagi ke topik kenapa lampu halogen ini tidak boleh untuk dipegang dengan menggunakan tangan secara langsung pada bagian dinding kaca nya? .

halogen lamp


Alasannya simple, tangan kita ini permukaannya memiliki sidik jari yang mengandung lemak,sehingga bila kita memegang dinding kaca lampu halogen dengan menggunakan tangan kosong kita secara otomatis sidik jari kita ( yang mengandung lemak ) akan menempel pada dinding kaca.

Sehingga sewaktu lampu tersebut dinyalahan dan menghasilkan panas, lemak tadi akan menimbulkan perbedaan suhu yang signifikan terhadap dinding kaca yang dapat mengakibatkan lampu mudah sekali putus / rusak. dan yang paling parah adalah dinding kaca tersebut menjadi lebih lunak dan menggelembung.

Dan itu pula sebabnya setiap lampu halogen baru ( dari bengkel resmi ) selalu terbungkus dengan semacam spon ataupun sterefoam, agar ketika kita pertama kali memasang yang kita pegang adalah spon pembungkus tersebut dan bukannya dinding kaca langsung.

Nah, jadi kalau kalian dikasih tahu jangan dipegang, ya jangan coba coba untuk memegangnya ya? bukannya takut tangan anda kepanasan dll sebagainya, namun hanya untuk keselamatan dan keawetan si lampu semata.

Baca juga Inilah beberapa penyebab aki motor mudah sowak
Inilah fungsi lampu hazard yang sesungguhnya


Subscribe to receive free email updates: