Karena Inilah Aki Motor Anda Cepat Sekali Rusak

Advertisement
Aki mudah drop mungkin ada sesuatu hal yang salah yang ada pada tunggangan kalian, bisa jadi hal ini karena ulah kalian sendiri yang menyebabkan aki motor cepat rusak tanpa kalian sadari.

Lebih parahnya banyak sekali yang langsung menjudge bahwa aki yang mereka pakai kualitasnya jelek ( jangan menyebut merk ya nanti bisa di tuntut loh sama empunya ), padahal sebenarnya andalah yang menyebabkan aki tersebut bolak balik tekor.

aki kering yuasa
aki motor yuasa via google picture

Mungkin beberapa hal dibawah ini pernah anda lakukan atau kurang kalian perhatikan sehingga menyebabkan aki motor kesayangan ini mudah sekali sowak.

1.Pengisian aki sudah rusak

Komponen pengisian atau yang biasa disebut dengan kiprok adalah sebuah komponen yang mengatur proses pengisian AKI, bila komponen ini sudah rusak sudah jelas aki kalian cepat sekali sowak, karena daya aki digunakan terus menerus namun tidak di isi kembali. Untuk memastikan kiprok bekerja sebagaimana mestinya silahkan kalian minta pengujian di bengkel motor terdekat .

2.Penambahan Klakson Variasi

Terkadang seru juga bila sebuah motor dipasang klakson yang bunyinya aneh aneh, bahkan suaranya berkoar koar mirip klakson mobil, dan tahukah anda pemasangan variasi yang tidak disertai dengan ilmu akan membuat aki kalian tekor. Karena kebanyakan klakson variasi ini membutuhkan daya yang sangat tinggi dari aki dan hasilnya sudah bisa ditebak, aki kalian akan langsung tekor. Bila kalian ingin memasang klakson super seperti ini sebaiknya ditambahkan beberapa relay agar aki kalian tidak jebol

3.Pemasangan lampi HID tanpa perhitungan

Memang sebagai seorang biker sejati sangat kurang bila motornya tidak dipasangi lampu HID karena selain nyala lampunya yang sangat terang melebihi lampu standard pabrik juga menambah kesan KEREN terhadap motor kita. Kalian sadari atau tidak lampu jenis HID ini membutuhkan konsumsi listrik yang tinggi sehingga membuat aki kalian mudah sekali tekor. Usahakan ketika memasang lampu HID sesuaikan juga terhadap output spul agar tidak terjadi besar pasak dalam hal konsumsi daya listrik.


4.Bore Up tanpa penyesuaian spul dinamo

Ada beberapa biker yang mengupgrade mesin motor mereka agar menjadi lebih kencang yang istilahnya adalah di bore up. Terkadang ketika melakukan bore up ini tidak diiringi dengan menambah atau mengupgrade spul dinamo yang tentu saja berakibat fatal terhadap pengisian, akhir ceritanya sudah tentu sesuai judul " AKI MOTOR NGEDROP " .

5.Stop lamp yang menyala terus

Terkadang ada loh rider yang tidak menyadari bahwa ada yang salah dengan motor mereka seperti salah satu hal yang sepele seperti lampu stop yang menyala terus menerus padahal kita tidak sedang dalam posisi mengerem. Hal ini biasanya disebabkan karena pengaturan swicth lampu rek kurang kendor sehingga tidak ditekanpun lampu rem menyala.

Memang sepintar hal hal seperti ini terlihat sangat sepele namun berakibat fatal dan sangat merugikan diri kalian sendiri . ingat harga aki motor sekarang mahal mahal loh bro. :) . Bila kalian ingin menambahkan sesuatu pada motor sebaiknya ditanyakan atau dikonsultasikan ke yang ahlinya terlebih dahulu.

Baca juga Inilah manfaat melakukan spooring dan balancing pada mobil , Cara merawat AC mobil yang terbukti ampuh


Subscribe to receive free email updates: