Perhatian ! Jangan Asal Memasang Baut Bila Tidak Mau Celaka

Advertisement
Otomotif - Sering kali banyak para pemilik kendaraan bermotor khususnya kendaraan roda dua yang menganggap remeh dari sebuah baut, dan karena sikap yang remeh inilah tak jarang para biker memasang baut secara asal pada motor mereka, tidak ada kunci pas/ ring tang buaya pun jadi.

mur dan baut

Padahal fungsi dari baut tersebut sangatlah penting dan sebaiknya harus diperhatikan. Terlebih didalam hal pengencangan baut itu sendiri kita juga harus extra perhatian karena bila baut yang terpasang itu tadi kendor bisa bisa menyebabkan kita atau orang lain celaka tentunya.



Khusus dalam hal mengencangkan sebuah baut, kita pun dituntut untuk mengetahui seberapa keraskan kekerasan baut yang ideal sehingga tidak terlalu keras yang dapat menyebabkan baut menjadi aus, atau kekenduran yang mengakibatkan baut menjadi lepas.

Lalu bagaimana kita mengukur kekencangan baut baut yang terpasang pada kendaraan bermotor kita?
Ada sebuah alat yang benama torque wrench ( torsi ) yang bisa kita gunakan acuan untuk mengencangkan baut, dan dari besar ukuran serta bahan pembuatan baut pun kita juga harus memperlakukan dengan cara yang berbeda. Misal nih , walaupun sama sama baut berukuran 21mm yang satu terbuat dari besi dan satunya lagi terbuat dari aluminium, tentu kita harus menggunakan nilai torsi yang berbeda.

Dari segi material pembuat baut diusahakan menggunakan bahan yang sama, misal bila mur nya terbuat dari aluminium ya pasangkanlah dengan baut yang berbahan aluminium, begitu pula dengan bahan lain seperti besi,baja atau tembaga.



Subscribe to receive free email updates: