Apa Itu Ban Donat Pada Mobil ?

Advertisement
Pengertian ban donat - mungkin ada beberapa pembaca yang pernah mendengar istilah ban serep model donat, namun belum tahu bentuk dari ban yang memiliki nama bak kue ini ? Nah pada kesempatan yang baik ini kami akan memberikan penjelasan secara mendetail mengenai ban donat yang ada pada mobil.

Apa Itu Ban Donat Pada Mobil ?
Ilustrasi ban donut mazda MX5 image by : myroadtrip


Pengertian istilah ban donat

Ban donat biasanya merujuk pada sebuah ban serep mobil yang memiliki bentuk mirip seperti kue donat karena bentuk profil ban sangat berbeda dengan profil ban standarnya dan lebih mirip seperti ban sepeda motor. Ban model donat ini merupakan ban serep yang berukuran mini, yang biasanya dimaksudkan agar meminimalisir ruang penyimpanan ban serep sehingga bagasi mobil menjadi lebih luas. Untuk lebih jelas mengenai ukuran ban donut ini silahkan lihat gambar diatas.

Ban jenis ini memang kiat marak digunakan, mengingat mobil saat ini juga banyak yang lebih mengutamakan ruang bagasi yang luas, sehingga mau tidak mau ukuran ban serep pun dikorbankan agar nantinya bisa muat disimpan didalam ruang penyimpanan ban serep dalam bagasi yang juga didesain dengan ukurannya yang kecil.

Ban donat ini ukurannya pun juga bervariasi, ada yang lingkar diameternya sama dengan ban standar namun lebar tapak yang berbeda, ada juga ban serep yang baik lingkar diameter serta lebar tapaknya dibuat lebih kecil sehingga sangat - sangat mini. Dari kedua jenis ban serep donat tadi, yang ukuran diameternya sama dengan ban standar relatif lebih aman.

Baca juga : Wajib tahu !!! Ini kerugian mobil memakai ban dalam

Resiko bahaya ban donat

Meskipun ban donut ini diklaim memiliki kekuatan yang sama dengan ban jenis standar walaupun ukurannya mini, untuk penggunaan jangka panjang tentu akan beresiko dan tidak disarankan mengingat ukuran ban ini berbeda dengan ukuran ban standarnya. Terlebih lagi jika digunakan untuk melintasi jalanan yang kurang bagus dan berlubang lubang akan rawan terjadi kerusakan.

Bila mobil kalian ban serep nya termasuk ban donat, sebaiknya gunakan hanya jika dalam keadaan darurat saja, misalnya ketika ban mobil mengalami kebocoran dijalan sampai kalian menemukan bengkel tambal ban untuk menambal ban standar mobil yang mengalami kebocoran. Setelahnya kalian bisa menyimpan ban serep donat kemudian menggunakan kembali ban standar yang telah ditambal tadi.

Baca juga : Teknologi canggih ini memungkinkan ban kempis tetap bisa dipakai jalan

Nah itulah tadi sedikit ulasan mengenai ban donat yang ada pada mobil, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share.



Subscribe to receive free email updates: