Home » , » XENIA LEBIH MURAH KENAPA AVANZA YANG PALING LAKU ?

XENIA LEBIH MURAH KENAPA AVANZA YANG PALING LAKU ?

Advertisement
AVANZA VS XENIA - seperti yang pembaca ketahui semua bahwa Astra Daihatsu dan Astra Toyota telah lama menjalin kerja sama dan menelurkan produk andalan mereka yang bahkan satu diantara produk keduanya menjadi kendaraan sejuta umat, yakni Toyota Avanza, padahal keduanya memiliki kendaraan yang sama yang diantaranya adalah avanza dan xenia, rush dan terios, calya dan sigra, ayla dan agya. Namun pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas dua mobil yaitu AVANZA dan XENIA.

Mungkin masih banyak diantara kalian yang penasaran mengapa Toyota Avanza lebih laku dibandingkan dengan Daihatsu Xenia, padahal harga mobil Xenia ini lebih murah dibandingkan dengan mobil Avanza.

avanza dan xenia


Banyak sekali faktor yang menyebabkan hal demikian bisa terjadi, dimana ada dua buah produk yang sama namun harga yang lebih mahal malah yang paling laku dipasaran. Beberapa hal yang bisa jadi penyebabnya diantaranya adalah sebagai berikut ini.


1. Karena merk yang lebih mapan ( branding )

Sampai saat ini banyak orang yang gila akan merk, bahkan sampai ada orang yang rela membela mati matian produk dari merk yang mereka cintai jika ada seseorang yang mencelanya. aneh namun memang kenyataannya banyak sekali yang demikian. Beberapa orang ini memiliki anggapan bahwa produk keluaran daihatsu memiliki kualitas dibawah produk toyota, walaupun kedua produk tersebut sama dan merupakan hasil kerja sama.


2. Pengalaman kedua perusahaan otomotif

Perlu anda ketahui juga bahwa selain Avanza, Toyota juga memiliki beberapa jenis kendaraan yang masuk kedalam kategori kendaraan premium seperti contohnya adalah Corolla altis, camry, alpard, fortuner dan juga crown. Produk premium yang dimiliki oleh Toyota ini tentu memiliki point tersendiri dimata mereka sehingga mereka beranggapan bahwa Toyota lebih memiliki pengalaman yang lebih baik dibandingkan dengan Daihatsu. Hal ini memang sangat wajar mengingat Daihatsu sendiri tidak memiliki jenis kendaraan premium sehingga calon pembeli menganggap Toyota lebih memiliki banyak pengalaman yang lebih luas, mereka memiliki produk mulai dari kelas bawah, menengah sampai yang premium pun ada.


3. Harga identik dengan kualitas yang bagus

Anggapan seperti ini juga memang benar adanya, dimana sebuah produk yang memiliki harga mahal akan jauh lebih baik kualitasnya, namun tunggu dulu, kita juga perlu melihat dan membandingkan kedua produk untuk menentukan hal ini. Jika anda hanya melihat kedua produk ini dijalan mungkin sepintar akan terlihat sama saja, hanya logo saja yang kelihatan berbeda, padahal kenyataannya tidak demikian sebab antar keduanya tentu saja ada perbedaan jika kalian lebih teliti dalam menelusurinya.

Sebagai contoh simpel saja coba perhatikan bagian bagian yang bisa kalian perhatikan secara kacat mata seperti desain lampu kabut atau fog lamp, desain spoiler, model remote kunci, body kit, tanduk depan dan belakang bahkan jenis pelindung cat dan kaca film pun dari kedua produk ini tidaklah sama. Coba anda telusuri lebih dalam lagi dengan melongok ruang kabin mobil antara Avanza dan juga Xenia pasti anda juga akan menemukan perbedaan seperti desain dari door trim, pelapis jok mobil, model sabuk pengaman, alas kaki, bentuk panel AC pasti terdapat perbedaannya.

Jika kalian termasuk orang yang sangat detail pasti anda juga akan menemukan beberapa perbedaan diantara mesin Avanza dan juga Xenia meskipun menggunakan blok mesin yang sama, pasti ada beberapa perangkat pendukung yang berbeda, sehingga dari beberapa fitur dan komponen yang tersemat di kedua jenis mobil ini berbeda, maka untuk mobil Daihatsu Xenia bisa menekan harga jual dengan jalan mengurangi beberapa detail dan fitur serta komponen pendukung lainnya sehingga harga jualnya bisa lebih murah.

Nah dari sini kita juga bisa menyimpulkan bahwa harga jual Xenia bisa lebih murah karena ada beberapa fitur yang dikorbankan sehingga jangan heran jika nantinya anda akan menemukan fitur di mobil Avanza yang tidak terdapat di mobil Xenia. Harga yang mahal tentu akan membawa kualitas serta fitur yang lebih lengkap.


4. Fitur yang lengkap atau sesuai dengan yang dibutuhkan

Seperti yang telah kami jelaskan pada poin nomor tiga diatas bahwa kedua produk walaupun sekilas terlihat sama, namun keduanya memiliki fitur yang berbeda sehingga hal ini juga akan mempengaruhi minat calon konsumen nantinya. Jika konsumen menginginkan mobil dengan fitur yang lebih lengkap tentu mereka akan memilih si Avanza, sedangkan bagi mereka yang hanya membutuhkan sebuah mobil tanpa fitur yang lengkap, yang mungkin mobil tersebut hanya digunakan untuk mendukung pekerjaan dan menginginkan harga yang lebih ekonomis, pastinya mereka akan memilih Daihatsu Xenia.



5. Lebih keren avanza ketimbang xenia

Masyarakat indonesia pada umumnya memiliki gengsi yang tinggi, mereka beranggapan bahwa Avanza itu lebih keren ketimbang Xenia, sehingga mereka pun menjatuhkan pilihannya pada Toyota Avanza ketimbang Daihatsu Xenia. Di fikiran banyak orang juga menganggap produk Daihatsu itu identik dengan kendaraan yang gampang mogok dijalanan.


6. Pelayanan after sales yang memuaskan

Jika anda adalah pemilik kedua jenis mobil yang sedang kita bahas kali ini, tentu anda bisa membedakan perbedaannya ketika kita sedang melakukan servis berkala di bengkel resmi yang sering disebut dengan istilah BERES ( bengkel resmi ) dimana Toyota mampu mempersingkat dan melakukan pekerjaan servis berkala lebih cepat termasuk juga pengadaan sparepart. Bahkan harga jual kembali produk Toyota lebih bagus dibandingkan harga jual kembali produk Daihatsu yang menurut sebagian orang jeblok.

Baca artikel menarik dibawah ini :



Sebenarnya masih banyak sekali faktor faktor lain yang membuat Avanza lebih laku dibandingkan xenia, namun beberapa poin informasi diatas kami rasa sudah cukup memberikan alasan kenapa sebagian orang lebih condong membeli AVANZA ketimbang XENIA. Semoga bermanfaat dan silahkan dibagikan.


Advertisement