Mengemudi Pelan Belum Tentu Hemat BBM

Advertisement
Tips hemat BBM mobil - mobil ialah salah satu jenis kendaraan yang mempu mengkonsumsi lebih banyak bahan bakar dibandingkan dengan kendaraan roda dua, pasalnya selain beratnya mesin mobil itu sendiri, mobil juga harus menarik beban lain yakni beban body mobil, beban barang angkutan serta beban penumpang didalamnya.

fuel indicator


Hal inilah yang membuat banyak orang melakukan berbagai cara untuk menghemat bahan bakar mereka, mulai dari yang melepas beberapa aksesoris mobil, termasuk melepas ban serep mobil dengan harapan agar tingkat konsumsi bahan bakar mobil mereka bisa ditekan seminimal mungkin.

Baca artikel menarik dibawah ini :



Padahal banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan pemakaian bahan bakar mobil jadi lebih boros, diantaranya ialah penggunaan ban yang sudah tidak layak pakai, beban angkut kendaraan yang melebihi batas normal, kurangnya si pemilik mobil dalam merawat mesin kendaraan hingga yang paling sering terjadi ialah cara mengemudi yang salah.

Banyak loh orang yang beranggapan bahwa mengemudi dengan kecepatan yang rendah dapat membuat konsumsi bahan bakar mobilnya jadi lebih hemat, padahal kenyataannya tidak demikian, justru mengemudi secara lambat malah akan membuat konsumsi bahan bakar mobil menjadi lebih boros, sebab mesin malah harus menerima lebih banyak beban untuk ditarik.

Menurut data informasi dan pengetahuan umum yang disadur dari berbagai media dan riset menyebutkan bahwa berkendara yang tepat untuk menghemat pemakaian bahan bakar ialah berkendara secara stabil diatas kecepatan 60 km / jam dan dibawah 90 km / jam, inipun juga dengan catata tertentu yakni berkendara di jalanan yang lurus, bukan jalanan menanjak.

Mengendarai dengan kecepatan terlalu pelan juga kurang baik dilakukan ( catatan : diluar jalanan macet ) sebab selain membuat tingkat konsumsi bahan bakar lebih boros, juga sangat berbahaya untuk keselamatan kita, terlebih jika anda berkendara di jalanan arus kencang dimana semua mobil memacu kecepatan tinggi sedangkan anda sendiri yang pelan.

Selain berkendara di kecepatan tertentu, beberapa faktor lain yang juga mendukung penghematan konsumsi bahan bakar mobil ialah penggunaan gigi transmisi yang sesuai, serta menjaga rpm mesin tetap di rentang rpm 2.000 hingga 3.000 rpm.



Subscribe to receive free email updates: