Tips Hemat BBM Saat Perjalanan Jauh

Advertisement
Cara menghemat BBM mobil - melakukan perjalanan menempuh jarak yang jauh dengan menggunakan mobil pribadi tentu saja kita harus memiliki perencanaan yang tepat termasuk salah satunya adalah mengenai pemakaian jumlah BBM kendaraan. Mampu menghemat pemakaian bahan bakar ini selain membuat kita lebih irit dalam hal biaya, juga membuat perjalanan kita akan lancar jaya dan tidak perlu sering bolak balik melakukan pengisian karena borosnya pemakaian bahan bakar.

Banyak sekali penyebab kenapa bahan bakar mobil bisa menjadi boros mulai dari kondisi mesin hingga cara menggunakan mobil yang tidak tepat, namun yang lebih sering terjadi adalah karena memang cara dari si pengemudi dalam mengendarai mobil yang kurang tepatlah yang menjadikan kebanyakan mobil menjadi lebih boros.

Cara hemat BBM ketika perjalanan jauh


tips hemat bahan bakar

Melakukan survey jalur tujuan dan alternatif

Biasanya pada hari hari tertentu seperti hari libur banyak sekali jalanan yang terjadi kemacetan panjang, ketika mobil anda sudah terjebak macet, tidak ada jalan lagi memutar balik dan anda harus pasrah melaluinya. Jika macet tersebut pendek sih tidak apa apa, namun bila sampai berkilo kilo jauhnya tentu hal ini hanya akan membuat boros pemakaian bahan bakar yang seharusnya habis untuk menempuh setengah perjalanan malahan habis di kemacetan yang tak berujung.

Oleh sebab itu sebaiknya anda melakukan survey kecil kecilan baik bertanya langsung kepada orang yang pernah menuju kota yang hendak kalian tuju mengenai jalur mana saja yang mengalami kemacetan serta mencari jalur alternatif agar nanti anda tidak terjebak macet. Dengan mengetahui lokasi jalanan yang macet serta mengetahui jalur alternatif mana yang sebaiknya ditempuh, selain membuat penggunaan bahan bakar menjadi hemat juga anda tidak takut tersesat gara gara asal ambil jalur.

Baca juga : Tips aman ketika mudik ala Toyota Auto 2000


Jangan memanaskan mobil terlalu lama

Memang setiap kendaraan perlu dilakukan pemanasan sejenak sebelum dipakai, tujuan utama dari memanaskan mesin ini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk penghematan bahan bakar. Kenapa begitu ? mesin akan bekerja dengan maksimal ketika suhu mesin telah mencapai suhu kerja yaitu antara 80 hingga 95 derajat celcius.

Namun dalam prakteknya seringkali orang memanaskan mobilnya terlalu lama, yang seharusnya cukup menggunakan waktu selama 5 hingga 10 menit, malahan mereka memanaskan mobil selama kurang lebih setengah jam. Bukahkan hal ini malah membuat bensin terbuang secara percuma bukan ?

Memeriksa tekanan ban Sebelum perjalanan

Tekanan ban yang kurang juga dapat membuat tingkat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros karena mesin harus bekerja ekstra keras guna memutar roda yang kondisinya kurang angin. Memeriksa tekanan angin tidaklah membutuhkan waktu yang lama, mungkin tidak lebih dari 5 menit bisa anda lakukan baik sendiri atau meminta tolong tukang tambal ban yang bisanya bersedia untuk memeriksa tekanan ban.

Pastikan anda menggunakan tekanan ban yang sesuai, terlalu kempis akan membuat konsumsi bahan bakar lebih boros, terlalu keras tekanan ban juga akan membuat mobil terasa keras ketika dikendarai serta membuat ban aus pada bagian tengah.

Jangan menggunakan AC mobil terlalu kencang

Untuk yang satu ini memanglah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa masih banyak orang yang tidak tahu menahu mengenai efek yang ditimbulkan jika menggunakan AC mobil terlalu kencang / full. Ketika AC dinyalakan dalam mode full, maka pulley cranksaft akan membutuhkan tenaga yang sangat besar guna memutar poros kompressos AC, Nah efeknya adalah ruang mesin membutuhkan kapasitas bahan bakar yang lebih banyak untuk dapat melakukan hal itu dan terjadilah pemborosan bahan bakar mesin. Oleh sebab itu bijak bijaklah dalam menggunakan AC mobil, cukup setel di angka 1 atau 2 saja ketika menggunakannya dan matikan bila suhu didalam kabin sudah mulai dingin / stabil. Anda bisa menyalakan kembali AC jika suhu didalam kabin mulai sedikit menghangat, begitu seterusnya.

Hindari kebut kebutan

Ada mitos yang menyebutkan bahwa ketika kita memacu kendaraan dalam kecepatan tinggi akan membuat pemakaian bahan bakar lebih hemat, padahal mitos itu tidak benar sama sekali. Penggunaan bahan bakar berbanding lurus dengan kecepatan laju mobil yang artinya semakin sepat laju mobil, maka semakin deras pula bahan bakar yang di injeksikan kedalam ruang bakar untuk kemudian dibakar dan menghasilkan tenaga.

Berkendaralah secara halus dan tidak kebut kebutan, selain menghemat pemakaian bahan bakar tentu cara ini adalah cara aman untuk terhindar dari yang namanya kecelakaan. Jangan anda ahli dalam mengemudi kemudian menjadi sok dan pamer, ingat sepandai pandainya tupai melompat pasti ia akan jatuh juga. Oh iya berkendara dengan sewajarnya, tidak ngebut juga akan membuat anda dan keluarga menjadi lebih santai dan dapat menikmati suasana pemandangan diluar sana yang begitu indah bukan ?

Baca juga : Penyebab mobil boros bahan bakar

Nah itulah tadi beberapa tips yang bisa kalian pergunakan untuk cara menghemat pemakaian bahan bakar mobil kesayangan anda. Semoga bermanfaat dan semoga selamat sampai tujuan.


Subscribe to receive free email updates: