Ini Alasan Sebaiknya Kamu Menggunakan Bensin Oktan Tinggi

Advertisement
Bensin oktan tinggi bagus untuk kendaraan - pernahkah anda mendengar pernyataan mengenai penggunaan bensin dengan nilai oktan yang tinggi sangat bagus untuk mesin mobil atau motor ? memang penggunaan bahan bakar bensin yang memiliki nilai oktan tinggi sangatlah bagus untuk kondisi mesin kendaraan kita, selain membuat kondisi ruang mesin menjadi lebih bersih, bensin beroktan tinggi ini juga dapat menjaga kondisi ruang bakar menjadi lebih awet dan tidak mudah rusak.

Lalu apa sih hubungan menggunakan bensin ber oktan tinggi dengan keawetan pada ruang bahan bakar mesin kendaraan ?



Semakin tinggi nilai oktan pada bahan bakar bensin ini membuatnya sulit untuk terbakar secara spontan / otomatis akibat langkah kompresi pada proses pembakaran diruang mesin. Karena bensin tersebut tidak bisa terbakar secara otomatis, maka satu satunya cara agar bensin tersebut terbakar dan bisa menimbulkan ledakan dan menggerakkan poros engkol ialah dengan dibantu percikan bunga api yang dihasilkan oleh busi. Agar anda lebih memahami tentang nilai oktan pada bensin, silahkan anda baca terlebih dahulu artikel kami yang lain

Dengan demikian bensin yang memiliki nilai oktan tinggi hanya bisa terbakar didalam ruang mesin dengan bantuan percikan bunga api dari busi, sehingga kemungkinan bensin tersebut secara tiba tiba terbakar pada saat langkah kompresi sangatlah kecil.

Ingat bahwa bahan bakar yang sudah terbakar terlebih dahulu pada saat langkah kompresi ( tanpa bantuan bunga api busi ) bisa menyebabkan timbulnya knocking pada piston dan juga tidak sempurnanya proses pembakaran sehingga lama lama mesin akan mudah sekali rusak / cacat.

Jadi dengan menggunakan bahan bakar ber oktan tinggi seperti pertamax atau pertamax plus bisa membuat kondisi mesin anda menjadi jauh lebih awet dan senantiasa bersih karena proses pembakaran yang lebih sempurna bila dibandingkan anda memakai bahan bakar ber oktan rendah seperti bensin premium atau yang dibawah premium.

Apakah mesin lama bisa menggunakan bahan bakar oktan tinggi ?

Tidak semua jenis mesin kendaraan lama bisa memakai bahan bakar bensin dengan nilai oktan yang tinggi, Untuk lebih amannya sebaiknya ikuti anjuran dari manufaktur kendaraan anda, apakah bisa memakai bahan bakar dengan oktan yang tinggi ataukah tidak.

Nah semoga artikel diatas dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: