Oli Yang Bikin Bersih Mesin Motor Mobil

Advertisement
Oli yang bikin bersih mesin motor mobil - oli mesin sangat penting bagi pemeliharaan mesin kendaraan bermotor supaya usia pakainya bisa panjang. Banyak diantara kalian yang mungkin pernah melihat mesin motor yang saat dibuka, terlihat sangat kotor, berkerak berwarna coklat kehitam - hitaman ?. Biasanya mesin dengan kondisi ini menggunakan oli mesin yang kurang tepat, dan proses penggantian oli mesin yang tidak sesuai dengan anjuran pabrikan.

Oli Yang Bikin Bersih Mesin Motor Mobil


Oli mesin pun banyak varian baik dari bahan pembuatan beserta harganya, mulai oli mineral,oli semi sintetik dan oli full sintetik. Diantara jenis oli ini, oli dengan bahan mineral biasanya lebih sering meninggalkan sisa kerak/jelaga pada mesin.Sedangkan untuk oli full sintetik, hampir tidak menyisakan kerak/jelaga, sehingga memakai oli jenis ini lebih disarankan sebab bisa membuat kondisi mesin lebih bersih dan terjaga dari kerak dan jelaga.

Tentunya penggunaan oli mesin baik oli mineral maupun sintetik, perlu dilakukan penggantian secara berkala sesuai anjuran pabrikan yaitu melakukan penggantian untuk sepeda motor per 1500km atau lebih cepat tentu lebih baik. Juga bila motor hendak atau akan dipakai perjalanan jauh, misalkan saja digunakan touring ataupun mudik sangat disarankan untuk segera mengganti oli mesin dengan yang baru.Sedangkan untuk mobil bisa melakukan penggantian tiap 10.000km untuk mobil dengan kilometer rendah, dan mengurangi durasi bila mobil sudah berumur misal per 8000 km untuk mobil bensin dan 5000km untuk mobil diesel.

Pastikan juga kalian selalu mengontrol kapasitas oli mesin melalui stik oli, terutama bila mesin mengalami rembes segera tambahkan olinya jika berkurang banyak. Selain itu jangan pernah menggunakan oli mesin aspal alias terlihat asli padahal palsu. Sebab oli palsu biasanya adalah oli hasil daur ulang yang dijernihkan kembali melalui proses suling. Dimana hasil akhirnya tidak ada penambahan zat aditif yang berguna untuk kebersihan mesin.
Baca juga : Bahaya menggunakan oli palsu
Sangat disarankan membeli oli hanya di toko terpercaya, toko berlabel autorized atau bisa beli di pom bensin pertamina, shell maupun spbu lain yang dekat dengan tempat kalian tinggal.

Subscribe to receive free email updates: