Cara Agar Rem Cakram Makin Pakem
Home » , » Cara Agar Rem Cakram Makin Pakem

Cara Agar Rem Cakram Makin Pakem

Advertisement
Agar rem cakram makin pakem - motor yang sudah dioprek bagian mesin agar powernya semakin meningkat, tentu saja membutuhkan sistem pengereman yang mumpuni untuk mengimbangi kencangnya laju motor tersebut.

Sebab bila tidak tentu akan sangat berbahaya sekali jika sewaktu - waktu kalian lepas kontrol, ngebut dan mendapatkan halangan, kalian pun tidak akan bisa memprediksi dengan tepat kapan motor kalian bisa berhenti dengan sempurna saat melakukan pengereman.

Image by : nepalmountainews


Oleh sebab itu kalian pun perlu melakukan pembenahan di bagian sistem pengereman sepeda motormu. Bagaimana caranya ? tentu saja dengan melakukan perubahan di bagian - bagian tertentu di sistem rem itu sendiri.

Contohnya saja mengganti bagian master rem dengan master rem racing semisal brembo, atau master rem racing lain yang mungkin harganya lebih murah dari brembo dan tentu saja lebih terjangkau untuk kantong mu. Hal ini sangat penting mengingat fungsi utama master rem adalah sebagai pendorong minyak rem yang menuju ke bagian piston kaliper.

sangat disarankan melakukan sistem rem satu set dimulai dari master rem, selang rem, master kaliper hingga pad brake serta discbrake nya. jika kalian merasa terlalu mahal untuk mengganti yang satu set, kalian bisa menggantinya part demi part yang bisa dibeli secara terpisah, namun sekali lagi pastikan membeli part yang berkualitas.

Untuk mengetahui kualitas suatu barang kalian bisa melakukan sedikit survey menanyakan ke teman - teman kalian yang sudah pernah menggunakan komponen tersebut, tanyakan juga ke pihak toko sebagai perbandingan.

Dengan begitu motor yang sudah kalian upgrade powernya pun akan terasa mantep dan pakem rem nya.

Mengatasi rem cakram kurang pakem di motor standar


Diatas adalah tips agar rem cakram makin pakem untuk motor yang sudah di oprek mesinnya, karena semakin tinggi power mesin jika sistem remnya masih menggunakan versi standar tentu rasanya seperti rem nya yang gembos, padahal tenaga mesinnya yang meningkat ( Baca : sengaja ditingkatkan ).

Lalu bagaimana dengan sepeda motor standar yang semuanya serba standar, namun rem nya terasa gembos dan kurang pakem ? silahkan lakukan beberapa langkah di bawah ini :

1. Periksa seluruh sistem rem secara visual dan fungsional, pemeriksaan visual ini sangat penting dilakukan agar kita bisa mengambil langkah lanjutan. Yang pertama kalian harus memeriksa seluruh komponen sistem rem mulai dari kondisi dan fungsi master rem, kondisi selang rem, cek kampas serta disbrake, cek fungsi piston kaliper dan lain sebagainya. jika ditemukan komponen yang cacat sangat disarankan untuk dilakukan penggantian dengan komponen baru berkualitas.

2. Setelah dilakukan pemeriksaan visual dan fungsional tidak ditemukan masalah yang berarti, kalian bisa mengambil langkah lanjutan berupa menggosok permukaan kampas maupun discbrake menggunakan amplas halus. Fungsinya adalah untuk menciptakan pori - pori baru agar kampas dan piringan bisa pakem tentunya.

3. Menguras dan mengganti minyak rem dengan minyak baru, pastikan kalian bleding dengan sempurna, jangan sampai salah dan masuk angin sebab angin yang ada didalam saluran minyak rem bisa mereduksi gaya tekan didalam selang yang akhirnya rem seolah - olah nggembos bahkan blong.

Setelah melakukan langkah - langkah diatas dengan benar, kalian bisa melakukan pengetesan atau final inspeksi dengan cara menggunakan sepeda motor seperti biasanya dan lakukan pengereman.

Tips lain :

Gunakan selang rem berkualitas jika memang selang perlu diganti. Pilihlah selang rem yang tidak mudah mengembang saat melakukan pengereman sehingga tenaga dorong dari master tidak tereduksi di bagian ini.

Ketika mengganti komponen fast moving seperti pad brake atau kampas rem, pilihlah kampas yang berkualitas bagus, memiliki pori - pori yang cukup dan tidak banyak mengandung material serbuk besi, sebab kampas rem yang seperti ini bisa menyebabkan cacat di bagian piringan cakram. Minimal gunakan kampas rem genuine bila kalian takut salah memilih.

Pilih cakram rem yang memiliki lubang pembuangan yang tidak terlalu banyak, juga tidak terlalu sedikit. Sebab bila lubang buang terlalu sedikit, ada kemungkinan piringan sulit meredam panas dan memuai, dan juga jika terlalu banyak lubang buang malah bisa membuat kampas kalian cepat habis tergerus.

Kontrol fluida rem dan ganti secara berkala sesuai buku petunjuk servis, sebab kadang ada orang yang bahkan selama memiliki motor tidak pernah melakukan penggantian fluida rem sekali pun. Dengan rutin mengganti minyak rem, tentu kotoran karat maupun benda lain yang mungkin larut didalamnya tidak mengendap dan menyebabkan kebuntuan.

Rutin melakukan pemeriksaan fungsi maupun visual dari piston kaliper. Jika karet pelindung pecah atau rusak segera lakukan penggantian, sebab jika tidak, air bisa masuk kedalam dan menyebabkan macet.



Advertisement