Penyebab Ban Bunyi Berdecit Saat Belok
Home » » Penyebab Ban Bunyi Berdecit Saat Belok

Penyebab Ban Bunyi Berdecit Saat Belok

Advertisement
Automotivexist.blogspot.com - memang bunyi decit di bagian ban ketika mobil dibelokkan akan sangat mengganggu telinga, atau bahkan membuat si pemilik mobil merasa was - was mengenai bunyi yang terjadi di ban tersebut sehingga mereka pun membawa mobil kesayanganya ke bengkel guna mengatasi ban bunyi saat belok tadi.

Lalu apa sih yang bisa menyebabkan timbulnya bunyi pada ban ketika belok tadi ?

Penyebab Ban Berdecit Saat Belok
Image by : yaman.olx.ph


Banyak sekali faktor penyebab kenapa ban berbunyi saat dipakai belok yang diantaranya ialah sebagai berikut ini :

1. Tekanan angin ban kurang

Tiap pabrikan kendaraan biasanya memiliki standar tekanan ban di masing - masing produk kendaraan mereka. Biasanya informasi ini berupa stiker yang ditempel di bagian pintu pengemudi. Disana biasanya terdapat informasi mengenai tekanan minimal - maksimal baik ketika kendaraan kosong ataupun bermuatan penuh. Umumnya tekanan ideal roda mobil ada di rentang 34 - 36 PSI untuk mobil penumpang, 29 - 33 untuk mobil sedan.

Tekanan angin yang kurang dari itu tentu saja akan membuat ban menjadi lebih ngegrip karena bidang gesekan antara permukaan ban dengan aspal semakin besar. Dan karena gaya gesek yang besar inilah yang kemudian menimbulkan bunyi mencicit. Jika ada diantara kalian mobil nya mengeluarkan suara mencicit di bagian ban saat dipakai belok, cobalah menyetel tekanan angin sesuai dengan standarnya yakni diantara 32 hingga 34 PSI.

2. Compound ban terlalu lunak

Selanjutnya adalah mengenai compound ban, semakin lunak compound ban tentu daya cengkeram ke aspal semakin baik karena ban lunak. Namun karena permukaannya lunak akan membuatnya gampang terkisis oleh aspal jalan, sebab pada dasarnya ban bercompound lunak ini hanya cocok dipakai di jalanan basah saja. Dan karena permukaan ban yang lunak, friksi antar ban dan aspal semakin besar dan ada kemungkinan timbul bunyi berupa mendecit ssaat dipakai belok di atas permukaan yang tidak berpori seperti diatas lantai plesteran ataupun diatas lantai keramik kering.

3. Suspensi type tertentu ( Mcperson )

Beberapa jenis suspensi memang memiliki kelemahan yang salah satunya adalah menyebabkan ban menjadi bunyi saat digunakan untuk belok. Biasanya suspensi model Mcperson yang sering mengalami hal ini, sebab pada suspensi Mcperson hanya memiliki satu buah arm sehingga saat digunakan belok, sudut camber juga akan ikutan berubah.

4. Sudut belok setir terlalu banyak

Semakin banyak sudut belok suatu setir, maka rolling camber atau berubahnya sudut camber selama setir digunakan untuk belok tadi akan semakin besar. Dan semakin tajam kita membelokkan setir, tentu saja semakin rawan ban di bagian luar radius yang terseret dan menimbulkan bunyi mencicit akibat ban tidak mampu mengikuti laju kendaraan ketika belok. Untuk mobil keluaran baru yang menggunakan steering rack biasanya dari pabrikan sudah paten sudut beloknya, sedang mobil jadul seperti kijang kapsul, panther dan sebagainya masih terdapat baut penyetel pitman arm.

Usahakan setel sudut belok dari posisi lurus kekiri maupun dari posisi lurus ke kanan maksimal hanya 1 lebih 3/4 putaran. Dengan menyetel sudut belok atau radius putar setir mobil bisa mengurangi bunyi mendecit, namun konsekuensi yang harus diterima adalah kita tidak bisa sekali putar melakukan turn U seperti saat radius setir masih menggunakan 2 putaran, kita harus lebih pandai ambil ancang - ancang saat hendak belok turn U.

5. Sudut roda kemudi yang tidak tepat ( Spooring )

Terakhir adalah soal sudut roda kemudi depan mobil yang mengalami pergeseran sehingga menimbulkan bunyi mendecit saat dipakai belok. Faktor utama yang meyebabkan kondisi yang demikian biasanya dipengaruhi oleh sudut camber serta rolling camber ( toe - in ) yang tidak tepat. Untuk yang satu ini silahkan kalian konsultasikan ke ahli spooring di bengkel langganan.

Ingat jika pada mobil kalian termasuk kedalam poin nomor 2,3,dan 4 diatas, sepertinya melakukan spooring saja tidak akan menyelesaikan problem dengan sempurna kecuali kalian menyelesaikan problem pada poin yang tadi. Dan khusus untuk poin nomor 3 diatas, jika ternyata mobil kalian bertype Mc person sebaiknya jangan berharap banyak untuk hasil yang sempurna.

Semoga informasi diatas dapat berguna.


Advertisement