Pentingnya Memanasi Mesin Mobil Yang Jarang Dipakai

Advertisement
Memanasi mesin mobil - mungkin kegiatan memanasi mesin mobil, terutama untuk kendaraan keluaran terbaru jarang dilakukan karena mereka beranggapan mobil baru sudah canggih sehingga tidak perlu lagi dipanasi.

Memanasi Mesin Mobil Secara Berkala


Sebenarnya pernyataan diatas kurang begitu tepat mengingat pada mobil modern saat ini hampir rata rata mengaplikasikan fitur keamanan berupa alarm mobil, dan beberapa lagi malah untuk fitur buka pintu bagasi belakang sudah menggunakan motor elektrik seperti pada Nissan X- trail model T32 ataupun di Isuzu MU-X yang sudah menggunakan tombol elektrik.

Beberapa fitur yang dimaksud diatas terutama untuk fitur alarm yang selalu stanby, tentu akan mengkonsumsi energi listrik lebih banyak dari aki, sehingga aki mobil yang jarang dipakai dan tidak dipanasi secara berkala akan mudah lobet.

Memanasi mesin mobil selain membuat oli tidak mengendap dan menggumpal dibagian bawah, juga berfungsi untuk mencharger aki mobil agar tidak lobet. Karena satu satunya sistem charger pada aki mobil ialah melalui alternator, jika mesin tidak dinyalakan sudah tentu alternator tidak bergerak dan tidak bisa menghasilkan listrik untuk mencharger aki mobil.

Nah jadi secanggih apapun mobilnya jangan lupa untuk rutin memanasi mesin, apalagi untuk jenis mobil yang terdapat beberapa fitur penghisap listrik seperti alarm taupun pintu elektrik dan jarang sekali dipakai wajib dipanasi setidaknya seminggu 2 kali.

Baca juga : Kelebihan kekurangan modif velg tapak lebar pada mobil



Subscribe to receive free email updates: