Masalah Yang Akan Muncul Jika Mobil Jarang Dipakai

Advertisement
Resiko mobil jarang pakai - mobil yang jarang digunakan bukan berarti mobil tersebut nantinya bakal awet dan tidak mengalami kerusakan. Mobil yang jarang dipakai pun juga rentan mengalami kerusakan.

Kerusakan yang dialami mobil yang jarang dipakai ini beraneka ragam, mulai dari aki yang tiba tiba sowak sehingga mesin tidak bisa distarter, interior mobil yang berjamur, hingga kerusakan di bagian kaki kaki akibat karatan.

Masalah Yang Akan Muncul Jika Mobil Jarang Dipakai


Nah dibawah ini adalah beberapa informasi detail mengenai kerusakan apa saja yang terjadi pada mobil jika jarang dipakai.

1. Aki mobil tekor

Masalah yang pertama jika mobil jarang digunakan adalah mengenai aki mobil yang menjadi tekor. Hal ini dikarenakan aki mobil selalu stanby walaupun mesin mobil dimatikan. Sebab selain baterai pada aki digunakan untuk stanby alarm, bila ada kebocoran di bagian instalasi kelistrikannya juga bisa membuat daya yang ada di aki sedikit demi sedikit tersedot dan habis.

2. Ban mobil oleng

Karena mobil jarang dipakai dan hanya teronggok di parkiran, tentu saja posisinya tidak berubah bukan ? Hal ini akan berimbas pada bentuk fisik dari ban mobil yang tidak digunakan. Biasanya ban akan sedikit demi sedikit mengempis, kemudian pada ban bagian bawah yang sudah kempis ini akan mengeras.

Jika suatu saat mobil akan digunakan kembali, ban yang sudah lama kempis ini jika di pompa kembali bentuknya tidak akan bulat sempurna. Dan jika diputar pun putarannya tidak halus alias oleng. Maka dari itu bila kalian akan meninggalkan mobil dalam waktu yang lama, sebaiknya mobil di dongkrak dan disangga dengan menggunakan " jack stand " sehingga ban akan terangkat bebas.

3. Masalah pada sistem rem

Nah mobil yang jarang digunakan pun juga akan mengalami masalah khususnya di bagian sistem pengeremannya. Disc brake biasanya akan berkarat dan kampas pun akan lengket, termasuk juga piston serta pen kalipernya akibat jarang bergerak / digunakan. Biasanya saat digunakan kembali akan muncul masalah berupa pedal rem bergetar saat di rem akibat adanya karat yang menempel di bagian disc brake, atau bahkan rem tidak berfungsi akibat piston rem yang macet.

4. Masalah pada kaki kaki

Biasanya mobil yang ditinggal lama dan jarang sekali dipakai akan membuat kondisi kaki kakinya karatan dan macet. Misalnya saja ball joint ataupun join steer kemudi mobil macet dan karatan akibat tidak pernah digerakan. Tentu saja akan berimbas pada kenyamanan dan kestabilan dalam berkendara.

5. Pengeroposan body mobil

Karena jarang dipakai terlebih bila mobil tersebut disimpan pada suhu udara yang lembab, karat pun akan mudah terbentuk dan menyerang kemana - mana termasuk ke bagian plat body mobil. Plat plat body mobil yang karatan akan menyebar dan menyebabkan panel panel mobil tertentu menjadi keropos.

Baca juga : Tips merawat Isuzu Panther jadul agar selalu prima

Nah diatas adalah beberapa kerusakan yang akan menjangkiti mobil kalian bila jarang digunakan dan hanya disimpan didalam garasi saja. Sesibuk apapun alangkah baiknya kalian panasi mesinnya, gunakan berkendara setidaknya berkeliling kompleks agar kondisi mobil tetap prima. Semoga bermanfaat.



Subscribe to receive free email updates: