Kelebihan Dan Kekurangan Modifikasi Velg Besar Pada Mobil

Advertisement
automotivexist.blogspot.com - memodifikasi suatu kendaraan tentu saja ada tujuan tujuan tertentu yang ingin dicapai oleh sang pemiliknya. Karena dengan memodifikasi kendaraan khususnya mobil akan membuat tampilannya menjadi lebih menarik, indah dipandang dan tentu saja memberikan rasa puas tersendiri bagi si empunya mobil.

Biasanya modifikasi umum yang dilakukan terhadap mobil diantaranya adalah pemasangan stiker, pemasangan aksesoris tambahan seperti body kit, perangkat audio, penambahan lampu strobo hingga penggantian velg dari yang ukuran standard dengan ukuran yang lebih besar lagi. Tentu saja melakukan modifikasi pada bagian kaki kaki mobil ini akan memiliki pengaruh baik dilihat dari segi kelebihan maupun kekurangannya. Nah pada kesempatan kali ini kami akan mencoba mengulas mengenai untung rugi menggunakan velg lebar dan besar pada mobil.

velg mobil ring 22


#Keuntungan menggunakan velg tapak lebar dan besar

Mengganti velg dengan dimensi yang lebih besar dari ukuran standardnya ini juga memiliki beberapa kelebihan yang diantaranya adalah sebagai berikut :

A. Terlihat keren dan mampu menempuh medan sulit

penampilan dari kereta besi alias mobil menjadi lebih macho, keren, gagah dan lain sebagainya. Selain keren, mobil yang menggunakan velg lebih besar ini membuat body mobil lebih terangkat naik, sehingga mampu melewati jalanan dengan medan yang sulit.

B. Meningkatkan performa pengereman

Menggunakan dimensi velg yang lebih besar dari ukuran standard ini berdampak bagus bagi untuk meningkatkan pengereman karena ban dengan dimensi yang lebih luas ini akan lebih mencengkeram ke aspal. Jarak pengereman pun bisa lebih pendek lagi, misalnya bila menggunakan ban standar membutuhkan waktu sekitar 15 detik, maka anda hanya membutuhkan waktu sekitar 7 sampai 8 detik dengan velg berdimensi besar ini.

Baca juga : Cara atasi bunyi didalam setir mobil

#Kerugian menggunakan velg tapak lebar dan besar

Disamping keuntungan yang telah disebutkan diatas, tentu mengganti velg dengan tapak yang lebih besar dari ukuran standardnya akan menimbulkan berbagai kerugian yang diantaranya adalah sebagai berikut :

A. Boros bahan bakar

Karena mesin harus bekerja lebih keras untuk menggerakan velg beserta ban yang ukurannya lebih besar ini. Bahkan beberapa velg variasi ini berbahan besi yang beratnya minta ampun. Ibarat orang berjalan, kaki anda menggunakan sepatu bot yang berat sehingga akan menguras tenaga saat melangkah.

B. Kenyamanan berkendara kurang

Biasanya perubahan velg yang lebih besar ini diikuti dengan melakukan penggantian ban yang semula tebal menjadi lebih tipis. Hal ini untuk menjaga dimensi lingkar luar roda tetap sama. Dan karena penggantian ban yang lebih tipis ini akan membuat mobil menjadi terasa lebih keras. Ingat ban juga berfungsi sebagai peredam, dengan profilnya yang lebih tipis maka peredaman yang dilakukan oleh ban menjadi berkurang. Bahkan beberapa merk ban profil tipis ini dindingnya sangat keras. Memang hal ini masih dapat diatasi dengan menggunakan jenis ban yang memiliki tekstur lentur seperti ban merk dunlop, namun ban yang memiliki karakteristik seperti itu akan mudah habis terkikis aspal jalanan.


C. Timbul bunyi atau kandas

Kesalahan dalam mengaplikasikan velg tapak lebar dan besar pada mobil dapat membuat ban mobil menjadi kandas ketika digunakan belok. Bahkan saking parahnya akan menimbulkan suara berdecit yang memekakkan telinga dan membuat was was si pengemudi, takut kalau kalau ada kerusakan pada mobil mereka. Agar tidak mengalami kesalahan seperti ini sebaiknya anda tahu bagaimana cara yang benar dalam mengganti velg mobil dengan yang lebih besar. Untuk itu anda bisa membaca tulisan kami yang lain dibawah ini

Baca : Tips yang perlu diperhatikan saat memodifikasi velg mobil tapak lebar

Bila dilihat dari keseluruhan, ternyata lebih banyak kekurangannya bila dibandingkan dengan kelebihan bila mobil menggunakan velg variasi bertapa besar. Namun sekali lagi keputusan dikembalikan kepada anda, silahkan difikirkan secara matang sebalum melakukan modifikasi velg mobil ini. Semoga bermanfaat dan salam otomania.


Subscribe to receive free email updates: