Kekurangan Mobil Penggerak Depan

Advertisement
Kekurangan mobil penggerak depan - mobil yang menggunakan sistem penggerak depan yang sangat ciamik digunakan di jalanan perkotaan ternyata berbeda rasanya saat digunakan di jalanan non perkotaan seperti jalanan setengah jadi alias makadam, jalanan berpasir dan berkerikil, jalanan yang berbukit bukit serta jalan yang dibuat dari material non aspal seperti jalanan cor atau tanah.

honda jazz


Karena mobil berpenggerak depan sejatiya didesain untuk handal di jalanan perkotaan, maka ketika digunakan untuk menghajar jalanan non perkotaan akan langsung terasa perbedaannya, salah satu contoh yang paling sering terjadi pada mobil berpenggerak depan ketika digunakan untuk menanjak, terutama di jalanan yang terbuat dari cor serta terdapat lapisan pasir ban akan slip atau spin. Hal ini dikarenakan beban dari roda penggerak tadi terlalu ringan sehingga terjadilah hal yang demikian.

Baca juga : Ini alasan mobil diesel harganya lebih mahal

Penyebab mobil berpenggerak depan susah menanjak

Kata yang tepat sebenarnya bukan tidak kuat menanjak, namun ban mobil yang mengalami slip atau spin inilah yang membuat roda roda kendaraan kehilangan traksi nya terhadap jalan yang diakibatkan berpindahnya beban muatan ke bagian roda belakang. Nah karena beban kendaraan beralih kebelakang, membuat berat bagian depan kendaraan lebih ringan bila dibandingkan bagian belakang yang selanjutnya membuat traksi roda depan yang juga sebagai roda penggerak menjadi berkurang.

Berbeda halnya dengan kendaraan berpenggerak belakang, ketika mobil sedang menanjak maka beban mobil akan otomatis berpindah kebelakang, hal itu akan membuat traksi atau cengkeraman roda belakang yang juga sebagai roda penggerak semakin mantap.

Selain karena faktor diatas, faktor jalanan pun juga ikut andil sehingga mobil tidak kuat menanjak bahkan untuk tanjakan ringan sekalipun seperti misalnya jalanan tanjakan terdapat lapisan pasir atau kerikil, jalanan tanjakan berupa tanah yang basah dan berlumpur, jalanan tanjakan yang baru diguyur hujan dan lain sebagainya.

Tips agar mobil penggerak depan mampu menanjak

Agar mobil berpenggerak depan tidak terjadi slip saat menanjak, sebaiknya berikan beban yang lebih di bagian depan, anda bisa menyuruh orang yang memiliki bobot paling berat untuk duduk di bangku penumpang paling depan, syukur syukur jika si sopir juga memiliki tubuh yang subur. Hal ini bertujuan untuk menambah traksi roda depan untuk lebih kuat mencengkeram aspal jalanan sehingga dapat mengurangi efek slip atau bahkan menghilangkannya.

ketika anda akan menanjak, pastikan bahwa anda memacu kendaraan ketika dibawah dengan kecepatan yang cukup agar kendaraan tidak terjadi slip, namun untuk kondisi jalanan menanjak yang macet kita tidak bisa melakukan hal ini. Pastikan juga memakai gigi perseneling paling rendah dan menginjak pedal gas dengan secukupnya namun perhatikan rpm mesin mobil, usahakan jangan memacu mesin melebihi rpm di angka 6000 sebab dapat berpotensi merusak mesin mobil. Untuk memperoleh torsi maksimal dan menghindari kerusakan mesin mobil anda bisa menjaga rpm mesin di angka 4000 hingga 5000 rpm.

Dan selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah anda harus yakin bahwa mobil yang kalian gunakan dapat menanjak dengan baik, jika masih ragu sebaiknya anda tidak paksakan daripada nanti malah terjadi kecelakaan di jalanan.

Baca juga : Berbagai cara ampuh atasi body mobil terasa limbung

Kekurangan mobil penggerak depan

Beberapa kekurangan lain yang ada pada mobil berpenggerak depan diantaranya adalah sebagai berikut :


  • Kontruksi dari mesin mobil beserta sistem penggeraknya berada di bagian depan membuat susunan menjadi rumit menjadikannya membutuhkan waktu lebih lama ketika diperbaiki serta biaya perawatan yang lebih mahal. ( murah saat beli tapi mahal dalam hal perawatan ).
  • Seperti yang sudah dijabarkan di atas bahwa mobil berpenggerak depan sangat kurang bagus digunakan di jalanan menanjak karena rawan terjadi slip.
  • Untuk parkir model paralel lebih sulit dilakukan karena penggerak depan ini dibatasi dengan drive shaft.


Kelebihan mobil penggerak roda depan

Adapun kelebihan yang dimiliki oleh mobil berpenggerak depan diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Bobot kendaraan yang relatif ringan dibandingkan bobot kendaraan berpenggerak belakang.
  • Di jalanan yang datar mobil berpenggerak depan atau FWD ini mampu berakselerasi lebih cepat.
  • Karena tenaga yang disalurkan dari mesin langsung ke penggerak, maka membuat torsi atau tenaga mesin tidak hilang, dan inilah alasan kenapa mobil berpenggerak depan memiliki tenaga yang lebih besar ketimbang mobil penggerak belakang. Selain itu tingkat konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat karena tidak ada tenaga yang terbuang.
  • Rata rata mobil berpenggerak depan menggunakan chassis monokok yangmana ongkos produksinya termasuk murah dan imbasnya harga mobil pun ikut murah ( meskipun tidak terlihat perbedaan harga nya )
  • Enak dan tidak ribet saat digunakan berkendara di jalanan perkotaan.
  • Memiliki tampilan yang lebih sporty karena mobil berpenggerak depan memiliki clereance lebih rendah, coba bandingkan antara yaris atau honda jazz dengan avanza lebih terkesan sporty mana :).
  • Minim getaran karena tenaga dari mesin langsung disalurkan ke roda penggerak tanpa harus melewati join join seperti batang propeller di mobil berpenggerak belakang.



Baca juga : Daftar merk kaca film mobil terbaik dan berkualitas

Bila dilihat dari segi kekurangan serta kelebihan yang ada pada mobil berpenggerak depan diatas, pemilihan dari mobil penggerak depan ini juga disesuaikan dari type mengemudi anda, jalanan seperti apa yang sering kalian lewati serta harapan yang kalian miliki terhadap mobil tersebut. Mobil berpenggerak depan sangat cocok bagi anda yang suka mengemudi di jalanan perkotaan alias non tanjakan, tidak suka ngebut dan menginginkan konsumsi bahan bakar yang hemat, serta penumpang yang dibawa setiap hari tidaklah terlalu banyak. Semoga bermanfaat dan silahkan dibantu share artikelnya, salam otomotif.



Subscribe to receive free email updates: