Beberapa Cara Atasi Body Roll Pada Mobil

Advertisement
Cara atasi body mobil limbung - memiliki kendaraan yang mengalami limbung atau body roll tentu saja akan membuat si penumpang didalamnya menjadi merasa kurang nyaman bahkan merasa kurang aman. Sebab mobil yang mengalami body roll, pada kecepatan yang lebih tinggi dapat berpotensi terguling atau terbalik di tikungan.

cara atasi mobil limbung


Nah karena efek body roll yang terjadi pada mobil mereka, banyak sekali pemilik mobil yang mencari cari cara bagaimana mengatasi efek body roll atau limbung ini, sehingga nantinya efek yang timbul pada mobil mereka hilang, atau setidaknya berkurang.

Body roll sendiri diakibatkan oleh adanya gaya sentrifugal ketika mobil sedang belok di tikungan dengan kecepatan tinggi. Beberapa faktor yang diantaranya adalah karena ketinggian body mobil yang terlampau tinggi, kemudian suspensi yang dimiliki kurang begitu mendukung, dan faktor lainnya ialah cara mengemudi yang terlampau ugal ugalan saat ditikungan. Untuk mengetahui lebih detail berbagai penyebab mobil mengalami body roll bisa baca tulisan kami lainnya melalui tautan link dibawah ini.

Baca juga : Inilah beberapa penyebab mobil mengalami body roll

Nah ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan efek body roll pada mobil yang diantaranya adalah sebagai berikut.


1. Mengganti suspensi mobil dengan suspensi yang lebih keras

Suspensi mobil yang lebih keras dari suspensi bawaan standar mobil ini tentu saja akan dapat menahan gaya limbung ketika mobil melaju kencang ditikungan. Nah beberapa orang mengganti suspensi bawaan pabrik dengan suspensi aftermarket yang lebih keras namun dengan resiko ketika mobil digunakan untuk melibas jalanan yang bergelombang akan terasa keras layaknya naik gerobak.


2. Memasang karet sport damper

Karena kecepatan mobil yang terlampau cepat ditikungan, membuat suspensi mobil terutama yang model coil spring tidak mampu menahan beban diatasnya, otomatis suspensi ini akan terlampau merapat dan mobil pun mengalami body roll. Beberapa produsen aksesoris seperti valen mengeluarkan produk karet sport damper yang biasanya dipasang pada coil spring guna membatasi gerakan suspensi, sehingga setidaknya dapat mengurangi efek body roll yang timbul.

valen sport damper

Baca juga : Cara atasi mobil limbung dengan pasang karet sport damper


3. Memasang sway, lower, safety, ataupun strut stabilizer bar

Cara selanjutnya untuk menghilangkan atau mengurangi efek body roll pada mobil adalah dengan memasang batang besi tambahan yang berfungsi sebagai stabilizer. Batang stabilizer ini ada yang dipasang didalam kap mesin mobil yang mengikat kedua suspensi depan kendaraan, ada juga yang dipasang di bagian bawah entah itu depan maupun belakang mobil, ada yang hanya dipasang dibagian bawah belakang mobil dan lain sebagainya. Penambahan batang stabilizer ini jika pemasangan kurang tepat dapat merusak bagian bagian mobil, jadi pastikan anda hanya membeli stabilizer mobil yang berkualitas, bergaransi serta terpercaya.

stabilizer mobil



4. Menurunkan kecepatan saat menikung

Hal ini berhubungan dengan teknik mengemudi, cara paling mudah untuk mengatasi mobil yang limbung ini bisa dilakukan dengan jalan mengurangi kecepatan mobil ketika hendak menikung. Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk melakukan penggantian suspensi maupun biaya pemasangan valen sport damper untuk cara yang satu ini. Oh iya, pastikan pula anda jangan terlalu over dalam membawa barang bawaan.

Nah begitulah cara cara yang dapat dilakukan guna menghilangkan atau mengurangi body mobil terasa limbung saat belok dengan kecepatan tinggi. Semoga bermanfaat dan silahkan dibantu share artikelnya.



Subscribe to receive free email updates: