Kenapa Mobil Mesin Diesel Lebih Mahal Dari Mesin Bensin

Advertisement
Harga mobil diesel lebih mahal - mungkin ada beberapa dari anda yang bertanya tanya mengapa harga mobil yang menggunakan mesin jenis diesel ini harganya jauh lebih mahal dibandingkan mobil yang menggunakan mesin bensin ? apakah karena mesin diesel ini irit bahan bakar dan memiliki tenaga atau torsi yang kuat yang menjadikan mesin ini kemudian dihargai lebih mahal ?

Nah mobil mobil bermesin diesel yang dipasarkan di tanah air maupun dalam skala global memang harganya jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan kendaraan dengan merk dan type sejenis dengan yang bermesin bensin, misalkan saja mobil Toyota Kijang Innova model Q M/T bermesin diesel di pasar indonesia dilepas seharga sekitar 412 juta an, namun dengan model dan type yang sama versi mesin bensin hanya dilepas di kisaran harga 374 juta an, ada perbedaan harga sekitar 40 jutaan disini.

Kenapa Mobil Mesin Diesel Lebih Mahal Dari Mesin Bensin
Image by : trucktrend.com


Lalu apa sih yang menyebabkan harga mobil mesin diesel lebih mahal dibandingkan mobil mesin bensin ?


Penyebab kenapa harga kendaraan bermesin diesel ini lebih mahal ialah dikarenakan biaya atau ongkos pembuatannya yang juga lebih mahal dibandingkan ongkos mesin bensin. jika pada mesin bensin pihak manufaktur bisa menekan biaya produksi dengan menggunakan material yang harganya lebih murah namun tetap kuat seperti halnya penggunaan aluminium, untuk mobil bermesin diesel tidak demikian, seluruh material mesin ( blok mesin dan cylinder head )  harus terbuat dari besi baja yang harganya sangat mahal.

Kenapa harus menggunakan baja dan bukan memakai aluminium ?

Penggunaan material besi baja adalah suatu keharusan untuk sebuah mesin diesel, hal ini dikarenakan mesin diesel umumnya memiliki kompesi ruang mesin yang sangat tinggi. Perlu anda tahu bahwa proses pembakaran yang terjadi didalam mesin diesel sangat berbeda dengan mesin bensin, jika pada mesin bensin menggunakan busi sebagai pemantik api saat proses pembakaran berlangsung. Pada mesin diesel tidak demikian, mesin diesel tidak memiliki sebuah busi sebagai pemantik api, proses pembakaran terjadi melalui udara terkompresi didalam ruang mesin yang menyebabkan bahan bakar solar akan langsung terbakar dan menghasilkan tenaga.

Nah sangat wajar sekali bukan bila harga sebuah mesin diesel ini jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan mesin bensin. Selain komponen mesin terbuat dari material baja yang berkualitas, faktor yang mempengaruhi mahalnya harga mesin diesel lainnya adalah karena adanya sebuah komponen turbocharger yang terpasang.

Mesin turbocharger ini adalah sebuah sistem induksi paksa yang berfungsi untuk memperbanyak pasokan udara masuk kedalam ruang bakar agar kompresi mesin menjadi lebih meningkat, dan efeknya tentu performa mesin juga meningkat. Untuk memahami lebih jauh tentang turbocharger silahkan baca tulisan kami lainnya melalui tautan dibawah ini.

Baca juga : Mengenal fungsi turbocharger pada mesin diesel

Nah sudah tahu kan alasan kenapa harga mesin diesel lebih mahal dari mesin bensin ? Semoga bermanfaat.



Subscribe to receive free email updates: